KHAZANAH INTELEKTUAL TEOLOGI MATURIDIYAH

Masturin Masturin

Abstract


Persoalan teologis berkisar pada issue tentang status dan pelaku dosa besar, perbuatan manusia, dan hakikat sifat Tuhan pada umumnya muncul sebagai akibat dari perbedaan visi politik. Issu teologis ini telah melahirkan golongan Khawarij, Murjiah dan Mu’tazilah. Seiring dengan itu muncul issu mengenai bebas/ tidaknya perbuatan manusia yang kemudian melahirkan golongan Jabariyah dan Qadariyah. Persoalan muncul karena dipengaruhi oleh budaya Helinisme yang rasional seiring dengan proses futuhat (ekspansi Islam). Persentuhan umat Islam dengan budaya Helinisme semakin memperkuat penggunaan akal dalam kajian teologis, khususnya oleh Mu’tazilah. Dengan demikian ada tiga issu besar yang berkembang dalam teologi Islam saat itu yaitu dosa besar, kehendak bebas tidaknya manusia dan penggunaan akal. Mu’tazilah memberikan penekanan yang tinggi kepada akal dengan segala implikasinya karena arus pemikiran rasional yang berkembang pada waktu itu. Al-Maturiddi membahas tentang penciptaan alam yang lebih banyak mengajukan argumen rasional dan perseptual dari pada argumen tradisional. Hal ini tidak lain karena perhatian utamanya untuk mempertahankan ajaran Islam dari serangan Indo-Iranian dan Yahudi-Kristen serta filsafat Yunani.

Full Text:

PDF

References


Abu Zahrah, Imam Muhammad, Aliran Politik dan Aqidah dalam Islam. terjamahan Abd. Rahman Dahlan dan Ahmad Qarib. Jakarta: Logos, 1996.

Amin, Ahmad, Fajr al-Islam. Ttp: Da>r al-Kutub, 1975.

Ceric, Mustafa, Roots of Synthetic Theology in Islam a Study of The Theology of Abu Mansur Al-Maturidi (d.333/944). Kuala Lumpur: ISTAC, 1995.

Engineer, Asghar Ali, Islam and Its Relevance to Our Age. Bombay : Institute of Islamic Studies, 1987.

Hanafi, Theologi Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1980.

Izutsu, Toshihiko, Konsep Kepercayaan dalam Teologi Islam Analisis Semantik Iman dan Islam. terj. Agus Fahri Husein. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.

Madjid, Nurcholish, Kaki Langit Peradaban Islam. Jakarta: Paramadina, 1997.

Majalah Mizan, Volume III Number 2/1990

Nakosteen, Mehdi, Konstribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat. terj. Joko S. Kahhar dan Supriyanto A, Surabaya : Risalah Gusti, 1995.

Nasution, Harun, Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia, 1978.

------------. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya Jilid II, Jakarta: UI Press, 1986.

Rahman, Budhy Munawar, Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina, 1995.

Rowe, William L., The Cosmological Argument. Princeton: Princeton University Press, 1975.

Sumartana, Th., dkk. Spritualitas Baru Agama dan Aspirasi Rakyat, ttp: Institut Dian Interfidei, 1994.

Watt, Montgomery W., The Influence of Islam on Medieval Europe. Edinburgh: Edinburgh University Press, 1972.

-------------, Kejayaan Islam: Kajian Kritis dari Tokoh Orientalis. terj. Hartono Hadikusumo, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1990..

Wensinck, A.J., Muslim Creed: Its Genesis and Historic Development, Frank Cass & Co, 1962.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v8i1.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.