MEMAHAMI AGAMA DENGAN PENDEKATAN ESOTERIK

M. Ikbal

Abstract


Artikel ini memperkenalkan aspek esoterik dalam memandang dan memahami hakekat agama. Pendekatan ini penulis tawarkan mengingat kekeliruan persepsi terhadap agama umumnya disebabkan karena agama hanya dilihat dari aspek eksoteris saja. Akibatnya, orang cenderung menghakimi dengan mengatakan bahwa suatu agama tertentu adalah benar dan yang lainnya adalah salah. Kecenderungan semacam ini pada gilirannya akan memunculkan sikap eksklusif di kalangan penganut agama dan tidak jarang pada akhirnya memicu konflik antar umat beragama.


Full Text:

PDF

References


Ali, Yunasril, Manusia Citra Ilahi: Pengembangan Konsep Insan Kamil Ibn ‘Arabi oleh al-Jili, Jakarta: Penerbit Paramadina,1997

al-Gazali, Ihya>’ ‘Ulu>m al-Da>n, Beirut: Da>r al-Kutub al-’Ilmiyyah, t.th., vol. 1.

Muhammad, Abu> Ja’fa>r, al-Tauhi>d, Qum: Mu’assasa>t al-Nasyr al-Islam, 1389.

Muthahhari, Murtadha, Perspektif al-Qur’an tentang Manusia dan Agama, terj. Indonesia oleh Tim Penerjemah Mizan, Bandung: Penerbit Mizan, 1419/1998.

Nasr, Sayyed Hossein, The Heart of Islam, terj. Indonesia oleh Nurasiah Fakih Sutan Harahap, Bandung: Penerbit Mizan, 2003

Nasr, Seyyed Hossein, The One in the Many, dipresentasikan pada Parliament of the Word’s Religions, Chicago, 2 September 1993.

Panikkar, Raimundo, Myth, Faith, and Hermeneutics New York: Paulist Press, 1979

Al-Sarraj, Abu> Nashr, Kitāb al-Lumā’, (ed.) R.A. Nicholson, Leiden: E.J. Brill, 1914.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v9i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.