Karakteristik Politik Islam: Mencari Relevansi antara Doktrin dan Realitas Empirik

Abdurrahman Kasdi

Abstract


Artikel ini mencoba mengkaji masalah relasi antara Islam dengan Negara. Hampir setiap muslim meyakini pentingnya prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan politik. Namun, karena karakteristik Islam yang multi interpretatif, maka tidak pernah ada pandangan tunggal tentang bagaimana Islam dan politik harus berkorelasi dengan benar. Bahkan, sepanjang perjalanan sejarah intelektual dan praktek politik Islam, ada dua spektrum pemikiran yang berbeda tentang politik Islam. Keduanya mengakui pentingnya prinsip-prinsip Islam dalam setiap aspek kehidupan, namun keduanya memiliki interpretasi yang berbeda tentang ajaran-ajaran Islam dan relevansinya dalam kehidupan modern. Perbedaan tersebut bersumber pada bagaimana menafsirkan teks-teks agama yang berkaitan dengan hubungan agama (Islam) dan negara (politik).


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Masykuri, Demokrasi di Persimpangan Makna Respons Intelektual Muslim Indonesia terhadap Konsep Demokrasi (1966-1993), Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999.

Ali, Fahry dan Bahtiar Effendi, Merambah Jalan Baru Islam, Mizan, Bandung, 1986.

Anwar, M. Syafi’i, Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia, Sebuah Kajian Politik Tentang Cendekiawan Muslim Orde Baru, Jakarta: Paramadina, 1995.

Azra, Azyumardi, Pergolakan Politik Islam dari Fundamentalisme, Modernisme hingga Post-Modernisme, Jakarta: Paramadina, 1996.

Basyaib, Hamid dan Hamid Abidin (Ed), Mengapa Partai Kalah, Perjalanan Politik Islam dari Pra-Pemilu ’99 sampai Pemilihan Presiden, Jakarta: Alvabet, 1999.

Al-Chaidar, Pemilu 1999, Pertarungan Ideologis Partai- Islam partai Islam Versus Partai-partai Sekuler, Jakarta: Darul Falah, 1999.

Effendy, Bahtiar, Islam dan Negara, Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia, Jakarta: Paramadina, 1998.

Eickelman, Dale F. dan James Piscatori, Iekspresi Politik Muslim, Bandung, Mizan, 1998.

Esposito, John L. (Ed), Identitas Islam pada Perubahan Sosial-Politik, Jakarta: Bulan Bintang, 1986.

-------, Islam dan Politik, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Abu Faris, Muhammad Abdul Qadir, an-Nizham as-Siyasi fi al-Islam, Lebanon: al-Ittihad al-Islami al-Alami, 1984.

Hamid, Tijani Abdul Qadir, Ushul al-Fikr as-Siyasi fi al-Qur’an al-Makki, Lebanon, al-Ittihad al-Islami al-Alami, 1995.

Huwaydi, Fahmi, Demokrasi, Oposisi dan Masyarakat Madani, Isu-isu Besar Politik Islam, Bandung: Mizan, 1996.

Imarah, Muhammad, al-Islam wa as-Siyasah ar-Radd ala Syubhat al-Ilmaniyun,Dar al-Tauzi’ wa al-Nasyr al-Islami, 1993.

Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Bandung: Mizan, 1997.

Madjid, Nurcholish, Cita-cita Politik Islam Era Reformasi, Jakarta, Paramadina, 1999.

Al-Mawdudi, Abu al-A’la, ”Political Theory of Islam”, dalam bukunya Islamic Law and Constitution, disunting oleh Khurshid Ahmad, Lahore, 1967.

Mustofa (ed), Memilih Partai Mendambakan Presiden Belajar Berdemokrasi di Ufuk Milenium, Jakarta: Rosdakarya, 1999.

Nashr, Sayyid Hossen, Traditional Islam in Modern World, London and New York, 1987.

Qasim, Muhyi al-Din Muhammad, as-Siyasah asy-Syari’ah wa mafhum as-Siyasah al-Hadits, Kairo: al-Ma’had al-Alamili al-Fikr al-Islami, 1997.

Ridha, Muhammad Rasyid, Al-Khilâfah wa Al-Imâmah Al-Uzhma, Cairo, 1023.

Salim, Arskal, Partai Islam dan Relasi Agama-Negara, Jakarta: Puslit IAIN Jakarta, 1999.

Santoso, Agus Edi (Peny), Tidak Ada Negara Islam, Surat-surat Politik Nurcholish Madjid-Mohamad Roem, Jakarta: Djambatan, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v9i2.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.