TELAAH METAFISIK UPACARA KASADA, MITOS DAN KEARIFAN HIDUP DALAM MASYARAKAT TENGGER

Mohamad Anas

Abstract


Dalam upaya mencari dimensi yang paling hakiki, manusia tidak boleh hanya berkutat pada level empiris dan apriori semata. Manusia harus melakukan perenungan dengan melepaskan diri dari segala sesuatu yang bersifat empiris dan apriori untuk menemukan prinsip utama. Tulisan ini menganalisis dimensi metafisik upacara kasada. Hasil kajian menunjukkan bahwa refleksi metafisik mampu ‘mengatasi’ realitas yang nampak, yang seakan-akan “sesungguhnya” namun pada kenyataanya ‘menipu’. Kepalsuan ini tanpa disadari masuk ke dalam ranah ideologis dan membuat manusia tak mampu keluar dari sakralisasi ruang, waktu dan tempat yang mewarnai ritual upacara Kasada. Bertitik tolak dari penemuan ini, pelacakan dimensi metafisik dilanjutkan untuk menemukan eksistensi dan makna dari sebuah simbol-simbol dan mitos. Pelacakan ini pada akhirnya memberi kesimpulan bahwa dimensi metafisik dalam upacara Kasada masyarakat Tengger pada hakekatnya adalah miniatur dari kehidupan semua.

Full Text:

PDF

References


al-Jabiri, M. Abid, Naqd al-‘Aql al-‘Arabi> (2), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi>, Dira>sah Tahliliyah li Nazum Al-Saqa>fi al-‘Arabi>, Beirut: al-Markaz as Saqo>fi al-‘Arabiyyah, 1993. Peursen,C. A Van, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius,1988.

Astutik, Juli, “Makna Ritual Upacara Kasada dalam Perspektif Antropologi, dalam Agama Tradisional”, Yogyakarta: Lkis, 2003.

Beatty, Andrew, Variasi Agama di Jawa Suatu Pendekatan Antropologi. Jakarta: Murai Kencana, 2001.

Bertens, K., “Yang Sakral dan Yang Profan dalam Penghayatan Tradisional Homo Religious Menurut Mircea Eliade”. Jurnal Ulumul Qur’an.

Chatterjee, Margaret, The Existentialist Outlook, New Delhi: Orient Longman Ltd., 1973.

Gassier, Ernst, Manusia dan Kebudayaan, Sebuah Esai tentang Manusia. Jakarta: PT Gramedia Utama, 1990.

Hamersma, Harry, “Eksistensi dan Transendensi dalam Metafisika Karl Jaspers”, dalam Manusia Multidimensional: Sebuah Renungan Filsafat, M. Sastrapratedja (ed.). Jakarta: Gramedia, 1983.

Heidegger, Martin, Being and Time, terj. J. Marquairie, et-al. New York: Harper & Row, 1962.

Mangunhardjono, “Homorelegiosus menurut Mircea Eliade”, dalam Manusia Multidemensional: Sebuah Renungan Filsafat, (M. Sastrapratedja. ed). Jakarta: Gramedia, 1983.

Muslimin, “Pengaruh Kepemimpinan Uwa’ terhadap Motivasi dan Disiplin Kerja Masyarakat Tolotang di Kabupaten Sidrap”. Tesis, Universitas Hasanuddin Ujung Pandang,1996.

Nurudin (ed.). Agama Tradisional: Potret Keraifan Hidup Masyarakat Samin dan Tengger, Yogyakarta: Lkis, 2003.

Rosaliana, Novilia ‘Proses Perubahan Sosial Masyarakat Tengger’, Skripsi, UMM, 2001.

Siswanto, Joko, Metafisika Sistematik, Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 2004.

Sontaq, Frederick, Pengantar Metafisika, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2001.

Supriyano dan Wirtayuhangga, Misjana, Di balik Keindahan Gunung Bromo, Probolinggo: Tanpa Penerbit, 1991.

Suseno, Frans Magnis-, Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa, Jakarta: Gramedia, 1985.

Suyitno dan Sapari, Achmad, Mengenal Masyarakat Tengger. Surabaya: Media Alas Dayu, 1999. Tuanaya, Malik M. Thoha, “Pura dan Masjid: Konflik dan Integrasi Pada Suku Tengger”, Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang, 2000.

Thaha, A. Malik, Tren Pluralisme Agama, Jakarta: GIP, 2005

Widyaprakoso, Simanhadi, Masyarakat Tengger: Latar Belakang Daeah Taman Nasional Bromo, Yogyakarta: Kanisius, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v7i1.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.