URGENSI TRANSFORMASI GLOBAL ARABIA-ISLAM

Widiastuti Widiastuti

Abstract


Globalisasi yang terjadi di kawasan Arabia dewasa ini telah mendorong timbulnya sikap pro-kontra, yaitu antara kelompok al-mutahawwil (pro perubahan) dengan kelompok ats-tsabit (pro kemapanan). Dengan menggunakan pendekatan historis, tulisan ini mencoba untuk menganalisis Islam sebagai suatu agama, peradaban dan sistim perilaku serta hubungan timbal baliknya dengan transformasi global sebagai suatu kekuatan peradaban yang baru muncul. Kurangnya pemahaman tentang definisi dan makna Islam, sering membuat umat terjebak pada pemikiran sempit. Mereka mencampuradukkan antara Islam sebagai agama dan peradaban dan memandang remeh terhadap transformasi global. Padahal Islam yang mereka pahami sesungguhnya juga merupakan produk transformasi global. Akibatnya munculah ittiba’ terhadap sesuatu yang mestinya dapat berubah secara dinamis. Transformasi global adalah sesuatu yang urgen karena dapat mendorong seseorang atau masyarakat menjadi lebih baik dari masa sebelumnya. Sejalan dengan itu, transformasi global di dunia Muslim Arab juga merupakan hal yang urgen, karena perkembangan Islam pada masa kini merupakan kelanjutan dari kekuatan yang muncul dalam transformasi global yang terjadi di masa lalu.

Full Text:

PDF

References


Chebab, Thariq, Alkitab (Bible): Sejarah Terjadinya, Perkembangannya serta Hal-hal yang Bersangkutan, tt: tp, 1974.

Dirks, Jerald F. , Abrahamic Faths: Titik Temu dan Titik Seteru antara Islam, Kristen dan Yahudi, diterj. Santi Indra Astuti, Jakarta: Serambi, 2006.

Durkheim, Emile, Sejarah Agama, (terj.) Inyiak Ridwan Muzir, Yogyakarta: IRCiSoD, 1992.

Gunaryo, Achmad, Ceramah Kuliah Perdana Islam dan Transfomasi Global, Program Studi S3 Kajian Keislaman, Semarang: IAIN Walisongo, th. 2012,

http://aalmarusy.blogspot.com/2012/01/pengertian-globalisasi.html. diunduh tanggal 8 Juni 2012 pukul 20.25 WIB.

http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi, diunduh pada tanggal 8 Juni 2012 pukul 20.15. WIB.

Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Bentang, 1999.

Lewis, Bernard, The Arabs in History, London: Harper Colophon Books, 1966.

McElrath, W.N. , dan Mathias., Billy, Ensiklopedia Alkitab Praktis, Bandung: LLB, 1989.

Shaban, M. A, 1993, Sejarah Islam Penafsiran Baru, diterj. oleh Machnun Husein dari Islamic History, Jakarta: Rajawali Pers, 1993.

Suryo, Djoko, Kuliah Filsafat Sejarah Program S3 Islamic Studies IAIN Walisongo Semarang, 14 Maret 2012.

Widiastuti, Norma dan Konformitas Millenarianisme Islam, Tesis, Jurusan Agama dan Filsafat, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2003, Tidak diterbitkan,.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v6i1.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.