PERDAMAIAN DAN KEMANUSIAAN DALAM PANDANGAN ISLAM

Supriyanto Supriyanto

Abstract


Perdamaian bukan hanya bertujuan untuk meredakan konflik atau ketegangan. Perdamaian memiliki dimensi personal dan sekali-gus dimensi sosial. Oleh karenanya, untuk menciptakan perdamaian dunia, mestinya setiap individu bisa berdamai terlebih dahulu dengan dirinya sendiri. Kedamaian individu itu tercermin pada p’kiran, ucapan, dan tindakan yang dilakukannya secara sadar dan konsisten. Hak Asasi Manusia (HAM) yang menekankan pada prinsip kebebasan dan perlindungan terhadap hak hidup ini, sangat vital kedudukannya dalam mencegah pembunuhan antar saudara sendiri dan mengembangkan kreativitas itulah peradaban manusia yang agung akan berlangsung dan berkembang terus-menerus, demokratisa-sipun akan lebih mudah diwujudkan. Tindakan preventif untuk mencegah dan mengakhiri perang, sebetulnya juga bisa disandarkan pada upaya implementasi HAM pada masyarakat dunia.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhamad, Teknologi Pluralis Multikultural Menghargai Kemajemukan, Menjalin Kebersamaan, Jakarta: Buku Kompas, 2003.

El-Fadl, Abou Khaled, Selamatkan Islam dari Muslim Puritan, Jakarta: Pustaka Serambi, 2006.

Fuad, Ahmad, Islam Mazhab Kritis, Menggagas Keberagaman Liberatif, Jakarta: Buku Kompas, 2004.

Halim, Mahmud Abdul, Tasawuf di Dunia Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Harahap, Syabirin, Manusia Paripurna, Semarang: Pustaka Nizamiyah, 2003.

Hasan, Abu, Etika Agama dan Dunia. Memahami Hakikat Beragama dan Berinteraksi di Dunia, Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Imarah, Muhammad, Islam dan Pluralisme :Perbedaan dan Kemajemukan Dalam Bingkai Persatuan, Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

al-Kaaf, Abdullah Zakiy, Islam Cahaya Dunia Menuju Keselamatan Akhirat, Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrik Dan Peradaban. Sebuah Telaah Krilis Tentang Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1992.

Smith, Huston, Agama-Agama Manusia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Tobroni & Arifin, Syamsul, Islam Pluralisme Budaya dan Politik :Refleksi Teologi Untuk Aksi Dalam Keberagamaan Dan Pendidikan, Yogyakarta: Sippres,1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v7i2.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.