Improving Cognitive Abilities in Recognizing Geometric Shapes Material through the Index Card Match Method

Ana Fidiani, Romlah Romlah, Reiska Primanisa

Abstract


This research aims to improve the cognitive ability of group B children at the AL-Ulya Rajabasa Kindergarten in Bandar Lampung to recognize geometric shapes through the index card match method. Due to the lack of learning media, children cannot focus or name geometric shapes. This research uses the classroom action research method with two cycles. The data-collecting techniques employed were observations, interviews, and documentation. The subject of this research was one classroom teacher and twelve AL-Ulya Kindergarten group B students. The analysis shows that the children's cognitive ability to recognize geometric shapes through the index card match method increases. Improvements can be seen after taking action in cycle 1. Two children (16.6%) experienced excellent development. In cycle 2, ten children developed very well (83.3%). This research was stopped in the second cycle because the predetermined standard was exceeded; children who developed very well reached 75%. The results of children's ability to recognize geometric shapes before and after using the index card match method have increased greatly. In the results of observations in research, implementing learning such as using the index card match method can improve cognitive abilities in recognizing geometric shapes.

Keywords


Cognitive ability; Geometry; Index card match.

Full Text:

PDF

References


. I., & Prasetyo, A. (2015). Upaya meningkatkan pengenalan bentuk geometri dengan metode demonstrasi kelompok A PAUD Bina Ceria Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1660

Andriyani, M. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bentuk-bentuk geometri datar melalui permainan tradisional gotri legendri pada anak kelas B TK Sunan Kalijaga. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(8), 8.

Anggraini, A. M., Zulkifli, Z., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh media geo lane terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto Kabupaten Kampar. Journal on Education, 5(2), 3874-3884.

https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1072

ASMORO, P. D., Sujarwo, S., & Purnamasari, S. D. (2022). Meningkatkan motorik halus dengan metode mewarnai pada anak usia 4-6 tahun di PAUD As-Syifa Desa Surabaya Timur. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1111-1116.

https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1425

Budiman, I. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada materi larutan penyangga. Jurnal Kinerja Pendidikan, 2(3), 321-330.

Erifiani, B., & Fauziah, P. Y. (2014). Keefektifan team teaching pendidik program pendidikan dan pengembangan anak usia dini (PPAUD) di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1.

https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2355

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Fatmawati, F. (2021). Efektivitas model permainan kartu indeks (index card match) terhadap hasil pembelajaran perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Harits. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 27-39.

https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3616

Firdayanti, A., Retoliah, & Rustam. (2021). Peran guru dalam penggunaan alat permainan edukatif untuk pengenalan bentuk geometri di RA Dwp 1 Kanwil Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah. Ana' Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 14-24.

https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.16

Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 56. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p56-64

Halik, A., Al, M., & Husain, I. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan bahasa indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. 2(2014), 260-269.

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204-222.

https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun budaya membaca pada anak usia dini di era digital. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10.

https://doi.org/10.24127/att.v3i01.973

Helfianti, D., Novianti, R., & Solfiah, Y. (2021). Pengembangan media permainan game geo bus (GGS) untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Journal of Education Research, 2(1), 19-26. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.42

Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di PAUD Habibul Ummi II. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102.

https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2012). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh media sosial pada perkembangan kecerdasan kognitif anak usia dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209

Kurniawati, N., & Sartinah, P. E. (2016). Pengaruh metode bercakap-cakap berbasis media pop up book terhadap kemampuan berbicara anak kelompok a. Jurnal PAUD Teratai, 5, 68-72.

Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak sekolah dasar: masalah dan perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.

https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052

Ma'rifah, N. A., Poerwanti, J. I., & Munif, M. (2014). Penerapan metode pembelajaran index card match untuk meningkatkan penguasaan konsep bentuk geometri pada anak kelas a RA Masyithoh Segoroyoso II Tahun Ajaran 2013/2014. 1-8.

Mawaddah, M., & Akbar, K. (2022). Interaksi pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni musik dan kreativitas terhadap kemampuan motorik kasar anak. Damhil Education Journal, 2(1), 27. https://doi.org/10.37905/dej.v2i1.1397

Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dasar pada anak kelompok a melalui metode tebak gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78-89. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294

Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan motorik halus melalui finger painting pada anak kelompok bermain di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Research and Development Journal of Education, 7(2), 518. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11246

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42-50.

https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nurapriani, R., Rahma, A., & Alfiyah, R. (2021). Cooking class to improve geometry recognition ability in early children. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 98-107. https://doi.org/10.51529/ijiece.v6i1.241

Nurjani, Y. Y., & Jubaedah, E. (2020). Pengenalan bentuk geometri melalui metode bermain permainan tradisional sondah bagi anak usia dini. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 4(1), 22-29.

https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1557

Pakpahan, S. (2020). Penyuluhan dan pelatihan stimulasi periode emas anak 1000 hpk di wilayah Puskesmas Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 125-131.

https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.106

Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Pencapaian pada aspek perkembangan anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar nasional pendidikan anak usia dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25.

https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223

Rukiyah, S., Slamet, S. Y., & Syamsudin1, M. M. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri melalui metode permainan melompat bentuk pada anak kelompok A2 TK Al-Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Fkip Uns, 2(3), 1-8.

Soedarnadi, E. W. (2019). Upaya meningkatkan interaksi belajar matematika menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match pada siswa kelas XI IPA 3 Semester Ganjil SMA Negeri 6 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 10(2), 1138-1151. https://doi.org/10.53717/edumat.v10i2.125

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat pencapaian pada aspek perkembangan anak usia dini 5-6 tahun berdasarkan strandar nasional pendidikan anak usia dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52.

https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49.

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wahyuningsih, W. (2021). Pengenalan warna dan bentuk geometri dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari Boyolali. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 410-418. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1055

Widiani, N. L. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Education Action Research, 5(2).

https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312

Wijayanti, A., Fitri Nur, V., & Sarah Awwalina, M. (2021). LPPM-STKIP Modern Ngawi perkembangan PAUD di Indonesia Dan Dunia Internasional. Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE), 3(2), 37-42. https://doi.org/10.37471/ijce.v3i2.470

Yulianti, R., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2020). Analisis kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di Tk Cahaya Intan Kecamatan Pujud Rokan Hilir. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 160-170.

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1212




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/00202361905900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.