The Impact of Sibling Rivalry on the 5 to 6 Years Old Children’s Characters

Agus Jatmiko, Neni Mulya

Abstract


The presence of siblings in a child's life brings changes that require the child to share in various things, including parental love. It gives rise to a competitive rivalry between siblings in feelings or actions. This research aims to determine the impact of sibling rivalry (fights between siblings), which affects the character development of children aged 5-6 years. The method employed in this research is a qualitative case study. The data-collecting techniques employed were interviews, observation, and documentation. Based on the analysis, sibling rivalry has several impacts on children aged 5-6 years, namely the impact on oneself or regression, the impact on siblings or aggression, and the impact on others or bad behaviour directed at people outside of the home. Sibling rivalry is also caused by bad relationships, parenting patterns, and the environment, which can increase the impact on children.

Keywords


Sibling rivalry; Character; Early childhood.

Full Text:

PDF

References


Achmadi, A. N. L., Hidayah, N., & Safaria, T. (2022). Pola asuh orangtua, keharmonisan keluarga dan jenis kelamin, pengaruhnya terhadap sibling rivalry pada anak. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 318.

https://doi.org/10.26751/jikk.v13i1.1293

Adhy, A. W., Tamam, A. M., & Rahman, I. K. (2023). Amanah orang tua terhadap perkembangan dan pendidikan anak prenatal dalam perspektif islam. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(02), 36-55.

https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.10057

Al-Nashr, M. S. (2016). Pendidikan keluarga dalam pemikiran Sahal Mahfudh. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 99-114.

https://doi.org/10.22515/bg.v1i2.384

Arsini, Y., Zahra, M., & Rambe, R. (2023). Pentingnya peran orang tua terhadap perkembangan psikologis anak. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 3(2), 36-49. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.369

Bahroni, A., Sari, A. G., Widayati, S. C., & Sulistyo, H. (2019). Dispensasi kawin dalam tinjauan undang-undang nomor 23 tahun 2002 juncto undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Transparansi Hukum, 2(2). h

https://doi.org/10.30737/transparansi.v2i2.446

Chamidiyah, C. (2015). Pembelajaran melalui brain based learning dalam pendidikan anak usia dini. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2).

https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.795

Da-oh, L. (2023). Konsep pendidikan anak dalam berpakaian dan makanan menurut. 7(2), 3325-3331.

Fatmawati, R. F., Rahmadian, R., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2022). Pendidikan anak dalam keluarga. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 8(1), 53.

https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.34959

Fauzi, M. I. (2022). Konsep amanah dalam Al-Qur'an. Jurnal Al Irfani Ilmu Al Qur an Dan Tafsir, 3(1), 14-26. https://doi.org/10.51700/irfani.v3i1.213

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa dan perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225-230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Geandra Ferdiansa, & Neviyarni S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8-12.

Hairina, Y. (2016). Prophetic parenting sebagai model pengasuhan dalam pembentukan karakter (akhlak) anak. Jurnal Studia Insania, 4(1), 79.

https://doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1115

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Harlina, Y., & Siti Asiyah. (2020). Putusan hakim pengadilan agama pekanbaru tentang hadhanah pasca perceraian menurut perspektif hukum islam. Jurnal An-Nahl, 7(2), 130-144. https://doi.org/10.54576/annahl.v7i2.17

Hermana, A. (2017). Perlindungan hukum terhadap anak pengguna narkotika dihunbungkan dengan undang-undang nomor 23 tahun 2002 jo. Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 4(2), 241.

https://doi.org/10.25157/jigj.v4i2.318

Hermana, M. A., Jaya, D. P., & Permana, O. K. (2021). Responsibilities of parents to children after divorce according to presidential instruction number 1 of 1991 perspective of the compilation of islamic law. JURNAL HUKUM SEHASEN, 7(1).

https://doi.org/10.37676/jhs.v7i1.2082

Hidayati, R. (2020). Peran orang tua : komunikasi tatap muka dalam mengawal dampak gadget pada masa golden age. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1-10.

https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396

Kasmaya. (2021). Keberadaan lesbian di kota syariat: faktor dan interaksi subjek. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 2(2), 86-100.

https://doi.org/10.22373/jsai.v2i2.1473

Kulzum, P. M. M. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan kepribadian islami anak. MUNAQASYAH : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1-19.

https://doi.org/10.58472/mnq.v5i1.160

Laa, R. (2018). Pola asuh anak dalam keluarga petani di Domloli Kabupaten Alor. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 76.

https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1300

Lastaria, L., & Azzakiyah, L. F. (2020). Nilai moral dan budi pekerti melalui pembelajaran Islam. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1.

https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i1.276

Leo, B. C., & Hendriati, A. (2022). Perbedaan regulasi emosi anak usia 4-6 tahun berdasarkan emotional style ayah dan ibu. PSIKODIMENSIA, 21(1), 62-73.

https://doi.org/10.24167/psidim.v21i1.3504

Liana, D., & Mardiah, M. (2020). Pemikiran Amirulloh Sarbini dan Ahmad Khusaeri tentang pendidikan akhlak remaja. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 97-119.

https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.147

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Lusia Rahajeng. (2022). Psikologi pendidikan agama kristen dalam keluarga yang berkarakter. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 66-86.

https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.46

Mansir, F. (1970). Diskursus pendidikan karakter di peguruan tinggi keagamaan islam pada era milenial. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 280-300.

https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2560

Marlina, M. (2018). Pengaruh media sosial terhadap intensitas hubungan komunikasi orang tua dan anak usia dini. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 1(1).

https://doi.org/10.24014/kjcs.v1i1.6288

Mighfar, S. (2023). Islamic parenting perspektif Imam Al-Ghazali. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 119-130.

https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2972

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS, 6(1), 58-66.

https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Moh, D., & Hum, M. (n.d.). Elektra kompleks tokoh Anna dalam novel interval karya Nay Sharaya dan Dion Sagirang ( Kajian Psikologi Sigmund Freud ) Nur Halimah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Fakultas Bahasa dan Seni , Universitas Negeri Surabaya. 1, 1-17.

Muzakki, Z., Solihin, R., & Zubaidi, Z. (2022). Unsur pedagogis dalam Al-Quran. Jiqta: Jurnal Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir, 1(1), 45-60. https://doi.org/10.36769/jiqta.v1i1.211

Nisak, K. (2022). Peranan ibu terhadap anak dalam pendidikan islam di era globalisasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 360-369.

https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4373

Norman, E., & Suryani, E. (2019). Managemen keuangan keluarga pascaperceraian. As-Syar'i : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 1(1), 25-47.

https://doi.org/10.47467/as.v1i1.46

Noviana, U. (2019). Hubungan peran orang tua dalam anticipatory guidance sibling rivalry dan kecerdasan emosional dengan kejadian sibling rivalry pada anak usia prasekolah. NURSING UPDATE : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN : 2085-5931 e-ISSN : 2623-2871, 1(2), 32-43. https://doi.org/10.36089/nu.v1i2.62

Nurhaeda. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini dalam pandangan islam di paud terpadu mutiara hati palu. Faktor presdiposisi ibu usia remaja terhadap pemberian ASI eksklusif pada bayi di Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, 1(2), 70-78. https://doi.org/10.56338/mppki.v2i3.802

Pradipta, R. Y. (2019). Bentuk dukungan keluarga kepada caregiver sebagai upaya pencegahan kekambuhan pasien skizofrenia paranoid. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 129-138. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4715

Prasrihamni, M., Supena, A., & Intika, T. (2022). Gambaran psikologis anak tuna laras. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 99-107.

https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.620

Putra, A., & Mardison, S. (2018). Perilaku agresif peserta didik di MTsN Thawalib Padusunan. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 4(1), 32-41.

Putri, N. P. C. D., Dewi, K. A. P., & Darmayanti, P. A. R. (2023). Hubungan pengetahuan ibu hamil terhadap perilaku pencegahan sibling rivalry di Puskesmas Abiansemal I. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 8(2), 139.

https://doi.org/10.35842/formil.v8i2.492

Putri, S. K., & Budiartati, E. (2020). Upaya orang tua dalam mengatasi sibling rivalry pada anak usia dini di kb tk tunas mulia bangsa semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 75-87.

Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan keterampilan hidup (life skill) anak usia dini selama masa pandemi covid-19 di lingkungan keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53.

https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473

Rizaq, M. (2022). Family as children's first education; the role of parents in the development of islamic religious education for elementary school age children. Al-Risalah, 13(1), 184-208. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i1.1785

Rohimin, R. (2020). Reposisi pendidikan keluarga bagi anak generasi alfa. Nuansa, 12(2).

https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2765

Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis peran orangtua dalam mengatasi perilaku sibling rivalry anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1), 1-13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf

Santoso, D. B., & Amirudin, N. (2020). Pola pengasuhan anak dalam pembentukan perilaku yang islami pada keluarga bercerai. TAMADDUN, 21(1), 035.

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1376

Sejati, S. (2016). Perkembangan spiritual remaja dalam perspektif ahli. HAWA, 1(1).

https://doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2231

Setiawan, A. (2010). Penanganan Perilaku Agresif pada Anak. Jassi Anakku, 9(1), 89-96.

Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran orangtua sebagai pendidik dan pembentuk karakter spiritualitas remaja. Jurnal Shanan, 3(2), 95-114.

https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1581

Sipahutar, A. (2019). Tinjauan yuridis terhadap perlindungan anak dari hasil perkawinan siri yang ditelantarkan menurut hukum islam dan undang-undang perlindungan anak. DOKTRINA: JOURNAL OF LAW, 2(1), 66.

https://doi.org/10.31289/doktrina.v2i1.2383

Suarmini, N. W. (2014). Keluarga sebagai wahanan pertama dan utama pendidikan karakter anak. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1). https://doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599

Subroto, U., P.Satiadarma, M., & Wati, L. (2017). Pengaruh urutan kelahiran pada kecemasan mahasiswa sekolah tinggi ilmu komunikasi x Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 311. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.371

Suciati, A. D., & Srianturi, Y. (2022). Konseling realitas untuk mengatasi siblings rivalry anak usia dini. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 167-176.

https://doi.org/10.32627/jeco.v2i1.384

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alvia, & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bunnaya : Pendidikan Anak, VI(2), 156-171.

Tâm, T., Và, N. C. Ứ U., Giao, C. Ể N., Ngh, C., & Chu, Ẩ N B Ụ I. (2016). 済無No Title No Title No Title. 01(2), 1-23.

Tasya, N. A. (2020). Hubungan favoritisme orang tua dengan sibling rivakry. Analisis standar pelayanan minimal pada instalasi rawat jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 1-8.

https://doi.org/10.31234/osf.io/8cfj2

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1).

https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi kearifan lokal Minangkabau "Manjujai" untuk stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339-1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Wulandari, O. (2017). Pemeliharaan hubungan antara orangtua yang bercerai dan anak (studi kualitatif deskriptif komunikasi antarpribadi antara orangtua yang memiliki hak asuh dengan anaknya). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(1), 3-18.

https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2928

Yektiningsih, E., Firdausi, N., & Yuliansari, P. (2022). Upaya peningkatan pengetahuan pencegahan perilaku kekerasan anak dengan sibling rivalry melalui pendidikan kesehatan kepada orang tua. Journal of Community Engagement in Health, 5(1), 8-12.

https://doi.org/10.30994/jceh.v5i1.326

Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8.https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Yuni Sugiarti, Y. S. (2013). Peranan teknologi internet dalam membangun pendidikan karakter anak. Jurnal Teknodik, 145-154. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.97




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/00202361907300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.