Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Eti Hadiati, Fidrayani Fidrayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) se-RA kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan menggunakan Model yang  berupa analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif (interactive) atau analisis data mengalir (Flow Model Analisis); yakni model analisis data yang terdiri dari  pengumpulan data, reduksi Data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Teknik trianggulasi  data digunakan untuk menguji keabsaan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian mendiskripsikan bahwa pelaksanaan pembelajaran di sebagian besar RA Se-Kota Bandar Lampung dalam merealisasikan perencanaan pembelajaran dimulai menyusun program tahunan (PROTA) yang berisi kegiatan-kegiatan di RA dari awal tahun ajaran sampai akhir, dilanjutkan dengan penyusunan program semester (PROMES/PROSEM), RKM dan RKH. Dengan menggunakan langkah-langkah dalam pembelajaran dengan perencanaan yang telah disusun yaitu dimulai dengan kegiatan pendahuluan atau kegiatan awal yang ada dalam RKH/RPPH.

Kata Kunci: Manajemen; Pembelajaran; RA; PAUD.


Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2006). Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi, & M. Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. yogyakarta: Ar-ruz Media.

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.2426/dpp.v6i1.

Kariyana, I., & Sonn, R. A. (2012). Teaching Methods and Learners’ Concept Formation, Development and Integration in Geometry: Assessing the Relationship. International Journal of Educational Sciences, 1(12), 75–88.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. (Cecep Rohindi, Ed.) (UI press). Jakarta.

Mulya, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nurani S. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (7th ed.). Jakarta: Indeks.

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada Paud Bintang Rabbani Pekanbaru, 4(1), 1–5.

Suherman, S., Komarudin, K., Rosyid, A., Aryanita, S., Asriyanto, D., Aradika Putra, T., & Anggoro, T. (2018). Improving Trigonometry Concept Through STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Learning. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3248139




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.