Manajemen Berbasis Keluarga Dalam Pengelolaan Paud

Rizki Ramadhani, Untung Nopriansyah

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis bagaimana manajemen lembaga pendidikan berbasis keluarga. Peneliti ingin melihat bagaimana pengelolaan manajemen PAUD dalam melibatkan keluarga (orangtua) terhadap pendidikan anak baik di sekolah maupun di rumah. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa terciptanya orangtua karir (khususnya ibu), membuat waktu ibu sangat minim untuk dihabiskan bersama dengan anaknya. Orangtua lebih memilih untuk menyekolahkan anak sejak dini di lembaga PAUD,dengan harapan anak dapat dididik sebaik mungkin. Padahal pendidikan anak tidak cukup hanya didapatkan di sekolah saja. Orangtua dan guru sama-sama  mempunyai peran penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu peneliti ingin menganalisis bagaimana pengelolaan manajemen lembaga PAUD berbasis keluarga di sekolah sanggar anak alam Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif, dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah ketua PKBM, kepala sekolah, guru kelas, dan orangtua dari anak yang bersekolah di sanggar anak alam Yogyakarta. Instrument yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah sanggar anak alam merupakan sekolah keluarga. Tidak hanya disebut sebagai sekolah keluarga, namun sekolah tersebut sangat melibatkan orangtua dalam segala terhadap kepentingan anak dan sekolah. Bahkan orangtua di sekolah sanggar anak alam memiliki komunitas tersendiri dan mempunyai group Whats app dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antar sesama orangtua dalam berdiskusi,  berbagi pengalaman, dan merencanakan berbagai macam program parenting yang akan dilaksanakan baik di sekolah maupun di luar sekolah

Keywords


Manajemen berbasis keluarga, pengelolaan, lembaga PAUD

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2004). Dasar-Dasar Manajemen Dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.

Baqi, M. F. A. (2010). Shahih Muslim Jilid 4 (alih bahasa: Rohimi Ghufron), cetakan I. Jakarta: Pustaka Assunnah.

Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus, VII(2), 135–155.

Corbin, A. S. dan J. (2013). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, K. R. (2016). Kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Keluarga dan Masyarakat. 1–31. Retrieved from http://118.98.227.114/glnsite/wp-content/uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf

Empati, J., Ananda, L. R., & Kristiana, I. F. (2017). Studi Kasus: Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Empati, 6(1), 257–263.

Firdaos, R. (2017). Metode Pengembangan Instrumen Pengukur Kecerdasan Spiritual Mahasiswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 377. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1782

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Imam Machali, A. H. (2018). The Hand Book Of Education Manajement. Jakarta: Prenadamedia Group.

Indonesia, M. P. dan K. R. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia DIni. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ismail, A. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.

Latif, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Munastiwi, E. (2019a). Manajemen Lembaga PAUD (Untuk Pengelola Pemula). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Munastiwi, E. (2019b). Manajemen Lembaga PAUD Untuk Pengelola Pemula. Yogyakarta: CV. Istana Agency.

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Rahma, P. S. (2013). Penelitian Kualitatif.pdf. Penelitian Kualitatif, Vol. 5, p. 8. Retrieved from yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(02).

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29-44.

Sri Lestari Yuniarti, Lilis Hayati, Mohamad Roland Zakaria, Nugroho Eko Prasetyo, Nurmiyati, M. W. (2016). Petunjuk Teknis Kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dengan Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Suciati. (2015). Komunikasi Interpersonal sebuah Tinjauan Psikologi dan Perspektif Islam. Yogyakarta: Buku Litera.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.