Supervisi (PKBM) Terhadap Kepala Sekolah Terkait Manajemen Pembelajaran PAUD

Utia Virli Susanti, Neni Mulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan terkait pengawasan PKBM terhadap kepala sekolah di TK Sanggar Anak Alam. Terkait dari hasil wawancara disekolah peneliti mengetahui bahwa pihak TK Sanggar anak Alam tidak diberikan pengawasan oleh pihak dinas pendidikan, tetapi pengawasan dari PKBM. Bahwasannya dilembaga TK tersebut berbeda dengan TK lainnya, Mereka memakai kurikulum sendiri, dan mereka mengedepankan belajar melalui minat anak. Sehingga unit bagian PKBM memberikan pengawasan kepala sekolah berupa pertemuan forum dan disana kepala sekolah memberikan hasil kinerja guru selama beberapa minggu dan pihak PKBM akan memberikan saran dan masukan jika ada guru maupun kepala sekolah yang melanggar aturan dari ketetapan di TK Sanggar Anak Alam. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi dimasyarakat. Metode penelitian yang digunakan studi kasus dengan studi kasus yang akan peneliti tujukan untuk memberikan gambaran yang komprehensif dan sistematis. Proses pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini ialah pihak PKBM memberikan kebijakan apakah dalam satu semester kinerja guru sesuai dan tercapai dalam mengembangkan minat anak, mengembangkan enam aspek perkembangan dan bagaimana pihak kepala sekolah melihat itu semua. Pihak PKBM memberikan arsip dan dokumentasi dari hasil karya yang anak lakukan dan PKBM memberikan kebijakan jika ada hal yang baru dan bisa menjadi saran dalam melakukan pengawasan kepada pihak kepala sekolah di TK Sanggar Anak Alam.

Kata Kunci:pengawasan PKBM, kepala sekolah.

 


Keywords


pengawasan PKBM, kepala sekolah.

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Pratiwi, D. D., Ariawan, F., Murtianto, Y. H., & Yustinaningrum, B. (2018). Analysis of Consumers’ Perception at the Food Court of Lampung Walk by Using Multidimensional Scaling Approach. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 209-219.

Apriani, D., Mujib, M., & Pratiwi, D. D. (2019). The Influence of Realistic Mathemathic Education Model on Mathematical Reasoning Ability Viewed from Student Learning Styles. ZERO: Jurnal Sains, Matematika dan Terapan, 2(1).

Bafadal, Ibrahim. 2005. Dasar-Dasar Manajemen Dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.

Besse Marjani Alwi, Suci Ramadani, Suhanir, Zulaika safira Tendri Herma. 2018. “Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do ’ a Ibu.” Of Early Childhood Education 1 (1).

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Kurniawan, Daniel, Yari Dwikurnaningsih, and Bambang Suteng Sulasmono. 2018. “Evaluasi Program Supervisi Akademik Di PAUD Swasta.” Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2).

Kuswanto, C. W. (2016). Pengaruh Latihansprintdi Pasir dan Sprintdi Tempat Keras terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Kategori Tanding (Studi Eksperimen di Universitas Ahmaddahlan). Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Limakrisna, Hapzi Ali and Nandan. 2014. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi,Tesis, Dan Disertasi. Jakarta: Depublish.

Machali, Imam. 2015. “Implementasi Supervisi Akademik Guru Bahasa Arab Di MTS Negeri Temanggung.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Agama Islam VIII (1).

Modjo, Usman. 2018. “Model Supervisi Pembelajaran Molit ’ O PAUD.” Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan Dikmas 13 (1).

Munastiwi, Erni. 2019. Manajemen Lembaga PAUD. Yogyakarta: Cv.Istana Agency.

Murip, Yahya. 2013. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Purnawati, Enis, Mustiningsih, and Burhanuddin. 2016. “Supervisi Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Gugus Sekolah.” Jurnal Pendidikan 1 (2).

Sagala, Syaiful. 2011. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2016. “Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah.” Manajemen Pendidikan 3 (2).

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi.

Suyatni. 2015. “Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain.” Article.

Uci Pranita, Nina Kurniah, Anni Suprapti. 2018. “Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Auladuna Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Potensia 3 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.