Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung

Ahmad Gumrowi

Abstract


This classroom action research aims to improve student learning outcomes on the lesson of waves at MAN 1 Bandar Lampung using contextual approach with cooperative learning strategies. The objective of this study is the result of students’ learning on the lesson of waves which used the contextual approach with cooperative learning strategies. The research was conducted in three cycles. The results of analysis show that contextual approach with cooperative learning strategies can improve students’ learning outcomes on the lesson of the waves. The average student learning outcomes in the first cycle is 67,90 and the second cycle is 75,70; it means it gets increased by 11,49%. While the average learning results in the third cycle is 79.77, it gets increased by 5,37%.

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika materi gelombang, siswa MAN 1 Bandar Lampung dengan menggunakan strategi  pembelajaran  melalui  pendekatan kontekstual  dengan cooperative  learning. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pokok bahasan gelombang dengan strategi pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan cooperative learning. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus, dari hasil analisis diperoleh bahwa strategi pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan gelombang. Rata-rata hasil belajar siswa  pada siklus I sebesar  67,90  dan siklus II menjadi 75,70 dengan demkian ada peningkatan 11,49%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus III 79,77 atau  meningkat 5,37%.


Keywords


cooperatif learning; gelombang; pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1992. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Bahri Djarnarah Syaiful, 2002, Psikologi Belajar. PT Asdi Mahasatya, Jakarta

Depdikbud. 1994. Petunjuk Proses Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Dimyati dan Mudliono,2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta

Hamalik Oumar, 1990, Metode Belajar dan Kesulitan-Kesuiilan Belajar, Tarsito Bandung.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif University Press. Universitas Surabaya. Surabaya.

Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual. PT Refika Aditama: Bandung

Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara ,Jakarta:

Sardirnan. Am. 2006. Interaksi dan rnotivasi belajar mengajar, Rajawali, Jakarta

Slameto, 1995, Belajar dan Faktor -faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta

Slavin, RE. 1995. Cooperative Learning. Teory, Research, and Practice. Boston Allyn and Bacon. USA.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group ,Jakarta.

Yulianti, D., Lestari, M., & Yulianto, A. (2010). Penerapan Jigsaw Puzzle Competition dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(2).84-89 Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/viewFile/1118/1033

Sabil, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNJA. EDUMATICA| Journal Pendidikan Matematika, 1(01). 44-59. Tersedia di http://online journal.unja.ac.id/index.php/eduma ica/article/viewFile/185/167

Buana, Muhamad Fajar. 2012. Penerapan CTL dengan Kooperatif NHT pada mata pelajaran biologi un¬ tuk meningkatkan motivasi belajar siswa sma muhammadiyah 1 malang. Prosiding Seminar Biologi. Vol. 9. No. 1. 353-359. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1102

Setiawan, D. 2012, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Ciri–Ciri Khusus Makhluk Hidup Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Bagi Siswa Kelas VI Sdn Teges Purworejo (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta).

Permatasari, I., Jamzuri, J., & Wahyuningsih, D. (2013). Penerapan media mind mapping programpada model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI. A2 SMA negeri 4 surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2). Teredia di http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/viewFile/2799/1915




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i2.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.