Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat

Rahma Diani, Yuberti Yuberti, Shella Syafitri

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect size scramble learning model with video media on Physics students learning outcomes of class X MAN 1 Pesisir Barat on the measurement material. The research method used was a quasi experimental design with nonequivalent control group design. The survey results revealed that the normality test of the experimental class Lcount = 0.161052 and class control while Lcount = 0.149135 Ltable = 0.1726. Terms of normality test L count <L table then normally distributed data. To test the homogeneity of Fcount<Ftable = 1.166 <1.96 then the data homogeneous. Test hypotheses obtained tcount> t table = 6.4> 1.708 means that there are significant scramble learning model with video media to the learning outcomes of students subject matter physics measurements in class X MAN 1 Pesisir Barat. Furthermore, the effect size obtained results of 0.8. These results indicate that the learning model Scramble with video media can influence the outcome of physics students learn as much as 79%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui effect size model pembelajaran scramble dengan media video terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X MAN 1 pesisir barat pada materi pengukuran. Metode penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Dari hasil penelitian diketahui bahwa uji normalitas pada kelas eksperimen Lhitung=0,161052dan kelas kontrol Lhitung=0.149135 sedangkan Ltabel= 0,1726. Syarat uji normalitas Lhitung< Ltabel maka data terdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, Fhitung < Ftabel = 1,166< 1,96 makadata homogen. Uji hipotesis didapatkan thitung > t tabel   = 6,4 >1,708 artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran scramble dengan media video terhadap hasil belajar Fisika peserta didik materi pokok pengukuran di kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Selanjutnya, diperoleh hasil uji effect size sebesar 0,8. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Scramble dengan media video dapat mempengaruhi hasil belajar fisika peserta didik sebanyak 79%. 


Keywords


effect size; hasil belajar; media video; model pembelajaran scramble

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Murniati, N., & Susilawati. (2013). Nur, Afifah, N.A.N Murniati, & Susilawati, Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Kelas XI RPL 1 SMK N 8 Semarang. Seminar Nasional 2nd Lonttar Physics Forum.

Coe, R. (2002). It’s the Effect Size, Stupid What effect size is and why it is important. British Educational Research Association annual conference. Exeter.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 4 No 2, 243-255.

Diani, R. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Minds Want to Know di SMPO N 17 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1, 133-143.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA PERINTIS 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 No 1, 83-93.

Dwi, H. K., W, S., & H, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Facebook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online di Smk Negeri 3 Surakarta. Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, (pp. 1-10). Surakarta.

Fayakun, M., & P, J. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 11 No 1, 49-58.

Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi kelima Jilid 1, Jakarta: Erlangga. Jakarta: Erlangga.

Hake, R. (2002). Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics With Gender, Hight School Physics and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Jurnal Internasional Vol 1 No 1.

Handayani, S., Lestari, R., & Dahlia. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Satu Atap Kepenuhan Hulu Tahun Pembelajarn. Retrieved from Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian (On- Line), tersedia di: http:///e-journal.uup.ac.id/../362.

Handziko , R. C., & Suyanto, S. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol 1 No 2, 212-224.

Huda, M. (2013). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu- Isu Metodis dan Praragtimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.

Juriah, & Juanengsih, N. (2016). Juriah, Nengsih J., Pembelajaran Konstruktivisme Berbantu Media Video/Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA 3. EDUSAINS Vol 8 (1), 108-113.

Lakens, D. (2013). Calculating and reporting effect sizes to facilitate cumulative science : a practical primer for t-tests and ANOV as. Frontiers in Psychology VOl 4.

Lee, A. B. (2000). Effect Size Becker. Retrieved from www.bwgriffin.com.

McMillan, J. H., & Foley, J. (2011). Reporting and Discussing Effect Size: Still the Road Less Traveled? Practical Assessment, Research & Evaluation, Vol 16 No 14.

Ni Nyoman Widiantari, H.Syahruddin, dan I Wayan Widiana, Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng, Jurusan PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, 2012.(On- line), tersedia di: http:///ejournal.undiksha.ac.id./index.php/jjpgsd/article/view/819 (23 Februari 2016).

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia.

Noviyanto, T., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUSAINS Vol 7 No 1, 57-63.

Nurcahyo, Y. D. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Autocad. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Olejnik, S, S., & Algina, J. (2003). Generalized Eta and Omega Squared Statistics: Measures of Effect Size for Some Common Research Designs. Psychological Methods, 434-447.

Primavera, I. R. C., & Permana, I. (2014). Pengaruh Media Audio-Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Santoso, A. (2010). Studi Dekriptif Effect Size Penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 1-17.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5 no 1, 53-60.

Springer, R. (2006). Using Effect Size in NSSE Survey Reporting. Research & Practice in Assessment Vol 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tri, R., F, S. D., & A, W. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi Vol 1 No. 1, 1-10.

Tri, W. E., & L, M. (2009). Implementasi Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Sintesis (Synthesis) Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan MIPA Vol. 1 No. 1, 20-30.

Widiantari, N. N., Syahruddin, & Widiana, I. W. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sd di Gugus V Kecamatan Buleleng, Jurusan PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Retrieved from http:///ejournal.undiksha.ac.id./index.php/jjpgsd/article/view/819.

Widodo, & Widayanti, L. (2012). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i2.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.