Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada Materi Listrik Dinamis

Winda Wijayanti, Nengah Maharta, Wayan Suana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat blended learning berbasis LMS dengan model inkuiri pada materi listrik dinamis, mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan dari Gall et al., (2003) yang meliputi studi pendahuluan, perancangan program dan pengembangan program. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan di SMA N 1 Gadingrejo. Pada tahap perancangan produk dilakukan pembuatan perangkat blended learning yang meliputi silabus, RPP, LKPD, handout dan kelas online dengan LMS Schoology. Pada tahap pengembangan produk dilakukan dilakukan uji ahli untuk menilai validitas produk. Hasil menunjukkan bahwa validitas produk sebesar 83,7% dan 84,8% dari penilaian dua orang ahli. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa perangkat blended learning memiliki validitas yang sangat baik sebagai perangkat pembelajaran pada materi pokok listrik dinamis.

Development of Blended Learning Devices Based on Learning Management System In Dynamic Electric Material

This paper describes the process of designing LMS-based blended learning for electrodynamics topic and describing its validity. The study implemented research and development model of Gall et al. (2013) which consists of three main stages; preliminary research, product design, and product development. Preliminary research was conducted at SMAN 1 Gadingrejo. Blended learning sets produced in this study were syllabus, lesson plan, students’ worksheet, handout and online class by LMS Schoology. In the product development process, expert judgment was done to assess validity of the product. The results showed that the blended learning set had validity of 83,7% and 84,8% from two experts. Based on these results, it can be concluded that blended learning set has very good validities as learning set of electrodynamics topics.

 

Keywords


blended learning; learning management system; listrik dinamis; schoology.

Full Text:

PDF

References


Amiroh. (2013). Antara Schoologi, Moddle dan Edmodo.Retrieved from http://amiroh.web.id/antara-moodle-edmodo-dan-schoology/.

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 4(2), 243-255.

Gall, M. D., Gall, J. P. & Brog, W. R. (2003). Education Research an Introduction, Seventh Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Hermawanto., Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9, 67-76.

Ibrahim, M. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri. Retrieved from http://fisika21.wordpress.com.

Justice, C., Rice, J., Roy, D., Hudspith, B., & Jenkins, H. (2009). Inquiry-Based Learning in Higher Education: Administrators’ Perspectives on Integrating Inqury Pedagogy into the Curriculum. Higher Education, 58(6), 841-855.

Latifah, S., Setiawati, E., Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43-52.

Maharta, N., Suana, W., & Nyeneng, I. D. P. (2016). Pengembangan Program Blended Learning Berbasis Inkuiri dengan Learning Management Systempada Materi Kelistrikan SMA. Proposal Penelitian Produk Terapan (Tidak Dipublikasikan). Universitas Lampung.

Mahnegar, F. (2012). Learning Management System. International Journal of Business and Social Science, 3(12), 144-150.

Partnership for 21st Century Skills. (2007). Beyond the Three Rs: Voter Attitudes Toward 21st Century Skills. Tucson, AZ: Author.

Prayitno, W. (2013). Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purnomo, A., Rahmawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Blended learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1(1), 70-76.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suradnya, L. S. A. (2016). Modul Interaktif dengan Program LCDS untuk Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(2), 35-46.

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 18 (3). 156-168.

Suyanto, E.,& Sartinem. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yilmaz, M. B., & Orhan, F. (2010). High School Students Educational Usage of Internet and Their Learning Approaches. World Journal on Education Tecnology, 2(2), 100-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.