Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Problem-Based Learning

Sri Diana Putri

Abstract


Perangkat pembelajaran adalah acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir kritis dalam problem-based learning dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Uji coba produk dilakukan di kelas XI MIA 1 SMA Adabiah 2 Padang dan penyebaran dilakukan di kelas XI MIA 2 SMA Adabiah 2 Padang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar observasi. Jenis data yang diambil aktifitas dan hasil belajar siswa. Hasil tahap pendefenisian diperoleh melalui analisis kurikulum, konsep dan siswa. Hasil tahap perancangan diperoleh dari perancangan perangkat pembelajaran. Hasil tahap pengembangan sangat valid, hasil uji praktikalitas sangat praktis, hasil analisis efektivitas sangat efektif dan terlihat dari nilai pengetahuan 86,67% memperoleh nilai tuntas, penilaian keterampilan 86,07% memperoleh nilai tuntas dan penilaian sikap 80,23% bersikap baik. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir kritis dalam PBL dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Development of Physics Learning Devices Based on Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning

The learning tool is a guideline teacher in conducting the teaching and learning process in the class. This research aims to develop a learning tool for physics-based thinking skills in problem-based learning with valid, practical, and effective criteria. The type of research is development research. The development model had used a 4-D model consisting of define, design, develop and disseminate phases. Trial of product conducted in class XI MIA 1 SMA Adabiah 2 Padang and disseminate in class XI MIA 2 SMA Adabiah 2 Padang. The instruments were the validation sheet and observation sheet. The data collection from activities and student learning outcomes. The results of the define phase are obtained through curriculum, concept and student analysis. The results of the design phase are derived from the design of learning tools. The result of the development phase is very valid, practicality test result is very practical, effectiveness analysis result is very effective and visible from knowledge value 86,67% got complete value, skill assessment 86,07% got complete value and attitude assessment 80,23% behaved good. Thus, this research produces a physics-based critical thinking skill in PBL with very valid criteria, very practical and skills.


Keywords


keterampilan berpikir kritis; perangkat pembelajaran; problem based learning; strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2008). Paduan Pengembangan Perangkat Pembelajaran KTSP. Jakarta: Depdiknas.

De Graaff, E., & Kolmos, A. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal of Engineering Education, 19(5), 657–662. https://doi.org/0949-149X/91

Dil, Y., Öğretildiği, O., & Sınıflarında, D. (2015). Developing Critical Thinking Skill In English Language Teaching Classes Through Novels. International Journal of Language Academy, 3(2), 76–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18033/ijla.222

Ennis. (1987). A Critical Thinking Curriculum. New Jersey: Prentice Hall, Uper Saddle River.

Fitri Mawaddah, L., Nurdin, B., & Mara Bangun, H. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Media Simulasi Phet dan Aktivitas terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 12(1), 31–40.

González, R., & Batanero, F. (2016). A review of Problem-Based Learning applied to Engineering. EduRe Journal International Journal on Advancesin Education Research EduRe Journal No, 3(1), 2340–2504.

Liliasari. (2005). Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia melalui Pendidikan Sains (Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap IPA). Bandung: UPI.

Lloyd, M., & Bahr, N. (2010). Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. International Journal for the Scholarship of Teaching & Learning, 4(2), 1–16. https://doi.org/Article Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Raine, D., & Symons, S. (eds). (2005). Possibilities, a Practice Guide to Problem Based Learning in Physics and Astronomy, a Physical Science Practice Guide. Hull: Physical Sciences Center, Departement of Chemistry: University of Hull.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Satumah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Model Number Head Together berbantuan Papan Bilangan. BRILLIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 184–189.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2), 90–100.

Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 277–293.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif: Konsep Landasan, dan Impementasinya pada KurukulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Widjajanti, E. (2009). Peran kimia fisika dalam industri. Makalah Pengabdian Pada Masyarakat, 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.