PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIC VEE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS GUPPIIBABATAN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.22

Farida Farida

Abstract


Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis sejalan dengan paradigma baru pembelajaran matematika. Berdasarkan pra survey penulis melakukan wawancara dengan salah satu guru matematika kelas VIII  MTs Negeri 2 Bandar Lampung dan guru tersebut mengatakan bahwa dalam proses pembelajaran  masih melakukan pembelajaran yang bersifat ekspositoris atau yang berpusat pada guru. Peserta didik terlihat kurang aktif, cenderung mendengar atau mencatat yang disampaikan oleh guru sehingga pembelajaran hanya berjalan satu arah saja. Keadaan ini sangat memperlihatkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi peserta didik masih rendah. Dengan standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu sebesar ≥ 70, hanya 8 dari 26 siswa kelas VIIIA yang tuntas dan 8 dari 25 siswa kelas VIIIB yang tuntas. Hal ini dapat disebabkan oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik dan komunikasi matematis peserta didik dalam proses pembelajaran yang belum berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan strategi heuristic vee terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung.

Metode penilitan ini menggunakan posttest-only design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan strategi pembelajaran heuristic vee terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didikkelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hal ini juga terlihat pada hasil belajar matematika siswa yang diterapkan pembelajaran dengan menggunakan strategipembelajaran  Heuristic Vee lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang tidak menggunakan strategi pembelajaran  Heuristic Vee.

Keywords


Heuristic Vee; Pemahaman Konsep; Komunikasi Matematis

References


Abdul Qohar. 2008. Mengembangkan kemampuan pemahaman,konek-si,komunikasi matematis melalui Recoprical Teaching. Disertasi pendidikan matematika UPI,Bandung.

Ali Mahmudi, Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika, Yogyakarta, UNY, 2009, hlm 7

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta,Cet ke-13,2013,hlm 65-84

Budiyono, Statistika untuk Penelitian (Surakarta: UNS Press, 2009), hlm 112.

Departemen Agama RI,Al Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta, Cordova, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfa Beta, 2015), hlm 114

Susilawati, 2014, pengaruh model pembelajaran kooperatif reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung, Lampung : IAIN Raden Intan Lampung, hlm 49-51

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup, 2010, hlm 65.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.22

Article Metrics

Abstract views : 570 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.