PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVIN GUNTUK MENGUKUR TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Bambang Sri Anggoro

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan tingkat berpikir kreatif matematis siswa MAN 1 Pesisir Barat dan hasil belajar yang kurang optimal, dan masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran yang konvensional dan juga lemahnya penggunaan bahasa pada buku matematika serta ilustrasi yang tidak komunikatif dan interaktifsehingga tidak berhasil menyampaikan pesan inti buku.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dikembangkan pembelajaran matematika yang dapat memberikan keleluasaan peserta didik untuk belajar berpikir secara aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi, salah satunya pembelajaran dengan menggunakan modul.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan strategiproblem solvinguntuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI MA pada materi statistika. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian pengembangan modul dengan beberapa tahap yaitu tahap analisis produk yang akan dikembangankan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi ahli dan tahap uji coba dan revisi, pada tahap revisi yaitu memperbaiki modul yang belum memenuhi standar uji kelayakan modul, sesuai dengan ide dan saran dari para ahli.Dalam uji coba produk, pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrument tes dengan materi statistika, insrumen berbentuk essay tes kemampuan tingkat berpikir kreatif matematis siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data didapatkan hasil nilai belajar pre-testdengan nilai rata-rata 20,0645, sedangkan nilai belajar post-test memiliki rata-rata nilai 39,6774, dilihat dari nilai tersebut diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan selisih rata-rata kelas 19,6129. sehingga modul matematikadengan strategiproblemsolving dengan materi statistika dapat mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Keywords


Modul Matematika, Problem Solving, erpikir kreatif Matematis

References


Abdul Aziz Saefudin, Pengembangan Kemampuan berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistic Indonesia (PMRI), Jurnal Al-Bidiyah Vol 4 No 1 2012. (On-line). htm (5 februari 2015).

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013.

Aman, Pengembangan Model Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMA, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 16, No 2, 2012 (On-line). htm (5 Februari 2015).

Anwar Bey, Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV, Jurnal Perdididikan Matematika Vol 4 No 2 Juli 2013. (On-line) htm (5 Februari 2015).

Arrends, Richard I, Learning to Teach Belajar untuk Mengajar ( edisi ketujuh/buku dua) terjemahan Helly Pujitno Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.

Bimo Walgito, Bimbingan +Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta:Andi Offset, 2010.

Budiyono, Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press, 2004.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung:CV. Diponegoro, 2010.

Euis Setiawati, Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis, Kreatif, dan Habits Of Mind Matematis Melalui Pembelajarn Berbasis Masalah, (SKripsi UPI Bandung, 2014).(On-line). htm (2 April 2015).

Fransiskus Gatot Iman Santoso, Keterampilan Belajar Kreatif Matematis dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) pada siswa SMP, Jurnal disajikan pada Seminar Nasional Matematika 2012. (On-line). htm (5 Februari 2015).

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Juliansyah Noor, Metodologi penelitian Skripsi, Disertasi, Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Lambertus, Penerapan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP, jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 Januari 2013. (On-line) htm (5 Februari 2015).

Made Pidarta, Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Masmuzi, Guru Matematika Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pesisir Barat. 2015.

Maulana, Heri D.J. Promosi Kesehatan. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC, 2007.

Mohammad Ali & Mohammad Ansori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008, Cet-4.

Muhammad Ali Gunawan, Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing, 2013.

Pradanawan Abdul Gani, Keefektifan Penerapan Pendekatan Savi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Skripsi UNNES Semarang. (On-line), htm (5 Februari 2015).

Rama Yulis, Metode Logi pendidikan agama Islam (Edisi Revisi). Padang: Kalam Mulia, 2010.

Slameto, Belajar & Fktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sudirman, N. Dkk, Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1991.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimi Arikuntoro, Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta, 2002.

Sri Hartati (FKIP-UTM), Research and Development (R&D) Sebagai Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, Jurnal Penelitian R&D Vol.37 No.1. 15 September 2012: 11-26, (On-line). htm (5 Februari 2015).

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

S. Nasution,M.A, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Taplin, Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Kontekstual Problem Solving. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Tukiran Taniredja, dkk, Model-model Pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung: Alfabeta, 2011.

Undang-undang Sisdiknas (UU RI No. 2 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Utami munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Wayan Somaya, dkk, Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertasi Asesmen Otentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, (Jurnal Program Pascasarjana Universitas dan Evaluasi Pendidikan, 2013. (On-line) htm (5 Februari 2015).




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Article Metrics

Abstract views : 1799 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 2656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.