PENGEMBANGAN SOAL BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.45

Syutharidho Syutharidho, Rosida Rakhmawati

Abstract


Mempertimbangkan hal yang merupakan tujuan dari pembelajaran matematika yaitu berpikir kritis dan kreatif (Karso, 2005), maka dirasa perlu untuk mengembangkan soal berpikir krtis sebagai salah satu langkah membiasakan siswa untuk berpikir krtis dan menjadikan dasar berpikir bahwasanya seorang guru harus mendominasi soal matematika dengan tipe soal berpikir kritis sebagai langkah untuk menciptakan efektivitas dan kebermaknaan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal berpikir kritis yang valid dan praktis kemudian untuk mengetahui efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Fokus dari penelitian ini adalah pengembangan soal sesuai dengan prosedur development research yang melalui empat tahapan yaitu self evaluation, expert review dan one-to-one, small group, dan field test. Penelitian ini menghasilkan tiga prototipe. Prototipe pertama adalah hasil dari desain pada tahap self evaluation, kemudian hasil revisi dari uji expert review dan one-to-one dihasilkan prototipe kedua, dan hasil revisi dari kegiatan small group dinamakan prototipe ketiga dan dijadikan sebagai prototipe akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan analisis dokumentasi jawaban siswa.

Keywords


pengembangan soal; berpikir kritis

References


AACU. 2010. Critical Thinking Value Rubric. (Online), http://www.aacu.org/value/rubrics/pdf/CriticalThinking.pdf, diakses 20 Maret2014.

Caroselli. Marlene. 2009. 50 Activities for Developing Critical Thinking Skills. HRD Press, Inc. (Online), http://spers.ca/wp-content/uploads/2013/08/50-activities- for-developing-critical-thinking-skills.pdf, diakses 7 Maret 2014.

Duncan, Jennifer. 2010. Critical Thinking. (Online), http://ctl.utsc.utoronto.ca/twc/sites/default/files/CriticalThinking.pdf, diakses 7 Maret 2014

Karso, 2005. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Pusat Pendidikan UT.

Kwek, S.H. 2011. Innovation in the Classroom: Design Thinking for 21st CenturyLearning(Master’sthesis).(Online),http://www.stanford.edu/group/redlab/cgi-bin/materials/Kwek-Innovation%20In%20The%20Classroom.pdf, diakses 3 Maret 2014.

Mason, J. Burton, L & Stacey,K.. Thinking Mathematically, Second Edition. England: Pearson Education, Inc.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-Year-Olds Know and What They Can Do With What They Know. (Online), http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf, diakses 20 Maret 2014.

Paul, Richard W& Elder, Linda. 2002. Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life. USA: Pearson Education, Inc.

Ruseffendi.1980. Pengantar kepada mengembangkan kompetensi guru matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Snyder, Lisa Gueldenzoph & Snyder, Mark J. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal. L(2), 90-99.

Tessmer, Martin. 1993. Planing and Conducting Formative Evaluations. London: Kogen Page.

Zdravkovich, Vera. 2004. 2004-2005 The Year of Critical Thinking Handbook of Critical Thinking Resources. Maryland: Prince George’s Community College Faculty Members. (Online), http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2008/06/00- ausubel_limas_1.pdf, diakses7Maret2014.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.45

Article Metrics

Abstract views : 928 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 2562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.