ANALISIS MATERI VOLUME BENDA PUTAR PADA APLIKASI CARA KERJA PISTON DI MESIN KENDARAAN RODA DUA

Pandri Ferdias, Eka Anis Savitri

Abstract


Piston adalah komponen yang sangat penting bagi mesin kendaraan, baik kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua. Piston adalah alat yang digunakan untuk membantu pergerakan mesin, piston yang digunakan adalah piston silinder. Penelitian ini hanya menganalisa cara kerja piston pada mesin kendaraan roda dua yaitu motor bensin empat langkah. Cara kerja motor bensin empat langkah yang pertama adalah langkah hisap yaitu piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) untuk menghisap bahan bakar (campuran bensin dan udara) masuk ke dalam ruang bakar, yang kedua adalah langkah kompresi yaitu piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA)  untuk menaikkan tekanan bensin dan udara agar diperoleh tekanan pembakaran yang cukup tinggi, yang ketiga adalah langkah kerja yaitu piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) untuk meneruskan gaya tekanan hasil pembakaran sehingga dapat dipakai sebagai tenaga penggerak, yang keempat adalah langkah buang yaitu piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) untuk membuang gas-gas hasil pembakaran keluar ruang pembakaran. Keempat hal tersebut terjadi dalam satu kerja proses motor bensin yang disebut juga satu siklus. Pada motor bensin, piston adalah alat yang melakukan ke- empat hal tersebut  dengan cara piston bergerak naik turun didalam sebuah ruang bakar untuk menghasilkan tenaga. Untuk mengetahui besar cc (centimeter cubic) dari sebuah volume ruang bakar kendaraan adalah dengan menggunakan rumus volume benda putar yaitu , didapatkan hasil yaitu 35 satuan volume, yang didalamnya terdapat konsep Integral tertentu dengan menggunakan Teorema Dasar Kalkulus, serta dengan menggunakan definisi fungsi, ukuran diameter tabung terdapat pada Buku Pedoman Reparasi Honda Revo 110, sedangkan tinggi tabung diukur secara nyata dengan mengguanakan jangka sorong.. Tinggi tabung disubstitusikan sebagai batas Integral dan jari-jari tabung disubstitusikan sebagai . Jadi, semakin besar volume dari sebuah ruang bakar mesin kendaraan, maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan oleh piston, sehingga bahan bakar yang diperlukan juga semakin besar.

Keywords


fungsi; Integral tertentu; motor bensin empat langkah; piston; Teorema Dasar Kalkulus; volume benda putar (menghitung cc)

References


Beni Setya Nugraha, “Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (Efi) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor” (Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2007)

Booth, J. Dexter, Matematika Teknik Edisi Kelima Jilid 1

Buku Pedoman Reparasi Honda Revo ( PT. Astra Honda Motor, 8-3)

Cholik, M. Adinawan, Sugijono, Matematika Kelas VIII , Erlangga, Jakarta, 2008

Damai Lisdiana, Isometri Terhadap Geometri Insidensi Terurut . (Skripsi Program S1 Jurusan Matematika F.MIPA UNILA, Bandar Lampung, 2013), h. 23-25

Designing For Domestication Of Yamaha Cy80 Engine Piston Manufacturing Technology And Evaluation Of Aluminum Alloy (4032-T6) For Functionality (International journal of advanced scientific and technical research Issue 5 volume 1, January-February 2015 ) tersedia di : Available online on http://www.rspublication.com/ijst/index.html ISSN 2249-9954

Edwin J. Purcell, Dale Varberg, Kalkulus Dan Geometri Analitis Jilid 1 Edisi Kelima (Jakarta: Erlangga)

Indarti, Peranan Pemerintah Indonesia dalam Gerakan Non Blok pada tahun 1956. (Skripsi Program S1 Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UNILA, Bandar Lampung, 2010), h. 16-19

International Journal of Innovative Research in Engineering & Scienc ISSN 2319-5665 (January 2013, issue 2 volume 1)

Investigation of Two Engine Pistons by FEA (International Journal of Research (IJR) Vol-1, Issue-11 December 2014 ISSN 2348-6848)

Jalius Jama, Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid II Untuk SMK, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta, 2008

John Bird, Matematika Dasar Teori dan Aplikasi Praktis Edisi Ketiga (Jakarta: Erlangga, 2006)

K.A Stroud, Matematika Teknik Edisi Kelima Jilid 2

Kamta Agus Sajaka, et. al. Matematika Interaktif Jilid 3A Program IPA: Yudhistira, Bogor, 2007

Kasmina, dkk, Matematika Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK Kelas XI, Erlangga, Jakarta, 2008.

M. Suratman, Servis dan Reparasi Auto Mobil (Bandung: Pustaka Grafika, 2001)

Moh. Hasan, “Aplikasi Geometri dalam Membandingkan Kinerja Mesin Berpiston (Torak) Tunggal Empat Langkah dengan Dua Langkah” (Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga, 2013)

Mushaf Sahmalnour, Sahm Al Nour Trust, Jakarta, 2007)

“Pendidikan Teknik Otomotif” (On-line) tersedia di: http://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-teknik-otomotif/

Suah Sembiring, Penuntun Pelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 1984 Untuk SMA (Bandung: Ganeca Exact Bandung, 1986)

Suharto, Matematika Terapan Untuk Perguruan Tinggi, Rineka Cipta, Malang, 1991

Sukino, Simangunsong Wilson, Matematika untuk SMP Kelas IX, Erlangga, Jakarta 2006

Sumadi, dkk, Matematika Kelas IX untuk SMK MAK, Saka Mitra Kompetensi, Klaten, 2006

Sumargo, Daftar Dan Sari Matematika, Angkasa Bandung, Salatiga, 1985

Susanto, et. al. Motor Bensin (Jakarta: Cv. Fariska Utama, 2000)

Tim Fisika Dasar, Penuntun Praktikum Fisika Dasar I, Tim Fisika Dasar IAIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, 2011

Tim Penyusun, PR Fisika Kelas 1 SMU Tengah Tahun Pertama, PT Intan Pariwara, Klaten, 2002

Wiraatmaja, “Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah (On-line) diposting oleh Sahil Luqman (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 4 No.1. April 2010)




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.