Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Lembaga Pengelola Zakat Dengan Akuntabilitas dan Transparansi Sebagai Variabel Intervening

Achi Rinaldi, Yulistia Devi

Abstract


Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan sebagai variabel intervening pada pengaruh literasi keuangan terhadap kepercayaan muzakki pada lembaga pengelola zakat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Muzakki zakat mal perniagaan di BAZNAS se – Propinsi Lampung. Metode pendekatan penelitian yaitu metode kuantitatif. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu analisis analisis jalur yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa literasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Akuntabilitas dan transparansi berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi peran literasi terhadap kepercayaan muzakki. Ketrbatasan penelitian ini yaitu wilayah pengamatan masih di Provinsi Lampung sehingga membuka peluang untuk peneliti selanjutnya menambahkan wilayah pengamatan lebih luas. Implikasi Kesenjangan yang cukup tinggi antara potensi zakat dengan penghimpunan dana zakat bisa dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya yaitu kepercayaan terhadap lembaga zakat, pengetahuan tentang zakat dan tingkat pendidikan. Kesenjangan ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti rendahnya kesadaran wajib zakat (Muzakki), rendahnya kepercayaan terhadap BAZ dan LAZ, dan perilaku Muzakki yang masih berorientasi jangka pendek, desentralis dan interpersonal.

 


Keywords


Literasi, Kepercayaan, Akuntabilitas, Transparansi

References


Afiyana, I. F., Nugroho, L., Fitrijanti, T., & Sukmadilaga, C. (2019). Tantangan Pengelolaan Dana Zakat di Indonesia dan Literasi Zakat. Akuntabel, 16(2), 222–229.

Alfitrah, R., Nurlina, & Salman, M. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Membayar Zakat di Badan Baitul Mal Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 5(2), 187–196. https://doi.org/10.33059/jse.v5i2.4278

Antonio, M. S., Laela, S. F., & Al Ghifari, D. M. (2020). Optimizing Zakat Collection in the Digital Era: Muzakki’s perception. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 7(2), 235–254. https://doi.org/10.24815/jdab.v7i2.16597

Ardini, Y., & Asrori. (2020). Kepercayaan Muzakki Pada Organisasi Pengelola Zakat: Studi Empiris tentang Pengaruh Mediasi Akuntabilitas dan Transparansi. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 133–149. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37241

Avian, I., & Asrori, A. (2021). Pengaruh Literasi Amil terhadap Kepercayaan Muzaki Melalui Akuntabilitas dan Transparansi Amil. Business and Accounting Education Journal, 2(1), 81–100. https://doi.org/10.15294/baej.v2i1.49069

Canggih, C., & Indrarini, R. (2021). Apakah Literasi Mempengaruhi Penerimaan Zakat? JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), XI(1), 1–11. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/1732

Febiana, N., Tanjung, H., & Hakiem, H. (2022). Pengaruh Literasi Zakat , Infaq , Shadaqah ( ZIS ), Kepercayaan , dan Brand Awareness terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia : Studi pada Mahasiwa FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor pada Angkatan 2017-2018. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 291–313. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i2.806

Haki, U. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Fitrah. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 4(1), 81–97. https://doi.org/10.35448/jiec.v4i1.8182

Hasanah, U., Maghfur, M., & Qomar, M. N. (2021). Literasi Zakat: Interpretasi Masyarakat Terhadap Kewajiban Membayar Zakat. Journal of Islamic Social Finance Management, 2(1), 83–92. https://doi.org/10.24952/jisfim.v2i1.3822

Istikhomah, D., & Asrori. (2019). Pengaruh Literasi Terhadap Kepercayaan Muzaki Pada Lembaga Pengelola Zakat Dengan Akuntabilitas Dan Transparansi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 95–109.

Junjunan, M. I., Asegaf, M. M., & Takwil, M. (2020). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan IGCG terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat. Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif, 6(2), 112–125. https://doi.org/10.29080/jai.v6i2.289

Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Mustofa, M. T. L. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341–349. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156

Lutfiyanto, A. M. (2020). Pengembangan Inovasi Zakat Berbasis Digital Pada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Zakat Inklusif). Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(1), 7–12. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/view/209

Pertiwi, I. S. M. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Literasi Zakat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pada Baznas Provinsi Lampung. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/index

Rofiqoh, S. N. I., Alauddin, M., & Hasanah, N. (2018). Strategi Fundrising Zakat: Literasi Zakat Produktif dan Zakat Profesi (Studi pada Bmt Muda Jatim Mitra Inisiatif Zakat Indonesia). Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 557–575. http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/article/view/82

Saraswati, A. M., & Larasati, M. (2021). Peran Akuntabilitas Dan Transparansi Laporan Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Literasi Terhadap Kepercayaan Muzakki (Studi Persepsi Pada Lazismu Uhamka). Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(2), 155–167. https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.194

Syaksena, A., & Ekawaty, M. (2021). Effect of Zakat (almsgiving) Literacy Level on Muzakki’s Decision to Pay Zakat in Registered Zakat Institutions. Journal of Islamic Economics …, 3(1), 15–34. https://doi.org/10.21580/jiemb.2021.3.1.8841

Tiara, S., Yurniwati, Putriana, & Putriana, V. T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas , Transparansi , dan Literasi Zakat terhadap Preferensi Muzakki dalam Memilih Saluran Distribusi Zakat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 340–347. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.536

Waluya, A. H., & Mulauddin, A. (2020). Akuntansi: Akuntabilitas dan Transparansi Dalam QS. Al Baqarah (2): 282-284. MUAMALATUNA: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 12(2), 15–35.

Yusfiarto, R., Setiawan, A., & Nugraha, S. S. (2020). Literacy and Intention to Pay Zakat : a Theory Planned Behavior View Evidence from Indonesian Muzakki. International Journal of Zakat, 5(1), 15–27.

Aida, F., AbdRahman, R., & Omar, N. (2012). Zakat and Poverty Alleviation : Roles of Zakat Institutions in Malaysia. International Journal of Arts and Commerce, Vol 1 No (December), 61–72.

Al, R., Saad, J., & Bidin, Z. (2009). Peraturan Pembayaran Zakat Kepada Institusi Zakat : Sikap Peniaga Dan Kesannya Terhadap Gelagat Pembayaran Zakat Perniagaan, 17(3), 607–630.

Al, R., Saad, J., Bidin, Z., & Idris, K. M. Gelagat Kepatuhan Zakat Perniagaan : Aplikasi Teori Tindakan Beralasan, 1–14.

Amirullah, M. B. A. Pengaruh Pemahaman, Pendapatan Dan Lingkungan Muzakki Terhadap Perilaku Membayar Zakat ( Studi Pada Pedagang Pasar Kolombo ).

Arim, N., & Romdhon, M. R. S. (2014). Pengaruh transparansi laporan keuangan, pengelolaan zakat, dan sikap pengelola terhadap tingkat kepercayaan muzakki (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Bandung). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 550–561.

Astuti, S., & Asrori. (2016). The Analysis of Amil Competency and Its Effects on The Implementation of Zakat. Accounting Analysis Journal, 5(3), 248–255.

Bachmid, G., Salim, U., Armanu, & Djumahir. (2012). Perilaku Muzakki dalam Membayar Zakat Mal ( Studi Fenomenologi Pengalaman Muzakki di Kota Kendari ). Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 10 No (66), 425–436.

Daulay, A. H., & Irsyad Lubis, SE, M.Soc, Sc,P. . (2006). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi Bazis/Laz Di Kota Medan (Studi Kasus : Masyarakat Kecamatan Medan Tembung). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, Vol 3 No 4(38), 241–251.

Divisi Publikasi dan Jaringan, & Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS. (2016). Outlook Zakat Indonesia 2017. Jakarta Pusat.

Fadilah, S., Lesatari, R., & Rosdiana, Y. (2016). Organisasi Pengelola Zakat (Opz): Deskripsi Pengelolaan Zakat Dari Aspek Lembaga Zakat, 60–74.

Gurning, H. R. H., & Ritonga, H. D. H. Analisis Tingkat Kesadaran Masyarakat Kecamatan Medan Baru Dalam Membayar Zakat. Journal Ekonomi Dan Keuangan, Vol 3 No 7, 490–504.

Halmawati, & Mustin, F. A. (2015). Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan Dalam Perspektif Tekanan Eksternal Dan Komitmen Organisasi, (c). Retrieved from http://fe.unp.ac.id/

Hamidi, N., & Suwardi, E. (2013). Analisis Akuntabilitas Publik Organisasi Pengelola Zakat Berdasarkan Aspek Pengendalian Intern Dan Budaya Organisasi (Survei pada Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol VIII N(1), 13–34.

Inayah, Nurul, and Zahrotul Muanisah. 2018. “Hubungan Kepercayaan, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Loyalitas Muzakki Pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus Di Kecamatan Tegalsari Banyuwangi).” Jurnal Ekonomi Syariah 1(2):17–33.

Indonesia, F. M. U. tentang Amil Zakat, No 8. Masruroh, A. F., & Praptoyo, S. (2015). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Kota. Jurnal I lmu Dan Riset Akuntansi, 4(7), 1–20.

Muhammad. (2005). Pengantar Akuntansi Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Mukhlis, A., & Beik, S. (2013). Analisis Faktor- faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat : Studi Kasus Kabupaten Bogor Analysis of Factors Affecting Compliance Level of Paying Zakat : A Case Study in Bogor Regency, I(1), 83–106.

Mustafa, M. O. A., Mohamad, M. ar S. M., & Adnan, M. A. (2013). Article information: Antecedents of zakat payers’ trust ini an emerging zakat sector: an exploratory study. Journal of Islamic Accounting and Business Research, Vol 4 No 1.

Nugraha, Eha-. 2019. “Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Lembaga Pengelola Zakatterhadap Komitmen Muzakki: Kepercayaan Muzakkisebagai Variabel intervening.” Akuntabilitas 13(2):167–86. doi: 10.29259/ja.v13i2.9592.

Nurdianti, S., & Nurkhin, A. (2016). Peran Cara Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 5(3), 915–926.

Nurhayati, S., & Wasilah. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli. (n.d.). Retrieved April 12, 2018, from http://www.indonesiastudents.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli/

Raeni. (2014). Pengaruh Prinsip Keadilan, Efisiensi, Transparansi, Akuntabilitas Pengelolaan KeuanganTerhadap Produktivitas Smk. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 143–151.

Saad, R. A. J., Bidin, Z., Idris, K. M., & Hussain, M. H. M. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gelagat Kepatuhan Zakat Perniagaan. Jurnal Pengurusan, 30, 49–61.

Sapingi, R., Ahmad, N., & Mohamad, M. (2011). A Study On Zakah Of Employment Income : Factors That Influence Academics ’ Intention To Pay Zakah. International Conference On Business And Economic Research (2nd Icber 2011) Proceeding, 2(May 2015), 2492– 2607.

Satrio, E., & Siswantoro, D. (2016). Analisis Faktor Pendapatan , Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX Lampung, (August).

Sobana, D. H., Husaeni, U. A., Suryakancana, U., Jamil, I., Suryakancana, U., Saepudin, D., & Suryakancana, U. (2016). The Variables that Affect Compliance of Muslim Merchants for Zakat Maal in the District of Cianjur. International Journal of Zakat, 1(1), 78–87.

Subandiyah, H. (2013). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, 111–123.

Surastiani, D. P., & Andayani, B. D. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol 7 No 2, 139–149.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. (n.d.).

Utama, D. A., & Setiyani, R. (2014). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Daniel Aditya Utama 1 Rediana Setiyani 2. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, IX(2), 100–114.

Yuliafitri, I., & Khoiriyah, A. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi Dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi Pada LAZ Rumah Zakat). Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 205–218.

Yunus, M. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas Dan Kontribusi Terhadap Minat Pedagang Mengeluarkan Zakat Di Baitul Mal (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Los Lhokseumawe). At-Tawassu, Vol 1 No 1,95–124.

Zulkurnai, M., Al, R., Saad, J., & Abd, M. S. (2016). Proposing Factors Influencing Trust towards Zakat Institutions amongst Moslem Business Owners. International Soft Science Conference, eISSN: 235.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mal.v3i1.11428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
Al-Mal: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.