Tradisi Ritual dalam Pernikahan Islam Jawa (Studi di Desa Kalidadi Lampung Tengah)

Idrus Ruslan, Yuni Kartika, Fatonah Fatonah, Siti Huzaimah

Abstract


Agama dan budaya merupakan dua entitas yang senantiasa eksis di dalam masyarakat, sebagaimana kondisi sosial yang tercermin di desa Kalirejo Lampung Tengah ini. Tradisi yang masih berlaku hingga saat ini merupakan warisan nenek moyang yang terus dipertahankan. Penelitian ini hendak membahas bagaimana tradisi ritual terkait dengan pelaksanaan pernikahan pada masyarakat adat Jawa yang beragama Islam di Desa Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan metode etnografi, menggunakan pendekatan sosiologis dan antropologis, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik snoowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pernikahan pada masyarakat muslim suku Jawa di Desa Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah ini masih kental dengan tradisi ritual, seperti larangan neton, larangan menikah di bulan suro dan pantangan perkawinan adubatur. Meskipun masyarakatnya tidak memahami esensi dari ritual tersebut dan tidak menyakininya sebagai jaminan keberkahan dalam membangun rumah tangga, tetapi ritual tersebut tetap dilakukan sebagai bakti dan penghargaan terhadap orang tua, sehingga rumah tangga yang akan dibangun terlaksana atas restu dan arahan dari orang tua. 


Keywords


Tradisi Pernikahan; Masyarakat Jawa Islam.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad Daud, Hukum Islam Dan Peradilan Agama, ed. by PT RajaGrafindo Persada (Jakarta, 1997)

Ayyub, Syaikh Hassan, Fiqih Keluarga (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001)

Baihaqi, Imam, ‘Mitoni Merupakan Upacara Kehamilan Untuk Memperingati Dan Mendoakan Calon Bayi. Lihat Imam Baihaqi, “Karakteristik Tradisi Mitoni Di Jawa Tengah Sebagai Sebuah Sastra Lisan”, Dalam Arkhais, Vol. 08 No. 2 Juli – Desember 2017’, Arkhais, 8.Karakteristik Tradisi Mitoni Di Jawa Tengah Sebagai Sebuah Sastra Lisan (2017)

Endraswara, Suwardi, Falsafah Hidup Jawa (tangerang: Cakrawala, 2003)

Et.all, Khaerani, ‘Analisis Nilai-Nilai Dalam Tradisi Tingkeban Pada Masyarakat Jawa Di Desa Cendana Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin’, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 6.1 (2016)

Geertz, Clifford, Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi Dalam Kebudayaan Jawa

Hariwijaya, Tata Cara Penyelenggaraan Perkawinan Adat Jawa (Yogyakarta: Hangar Kreator, 2005)

Hartono, Rohmaul Listyana & Yudi, ‘Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013)’, 5.1 (2015)

Isma’il, Ibn, Islam Tradisi, Studi Komparatif Budaya Jawa Dengan Tradisi Islam (Kediri: TETES Publishing, 26475)

Kholik, Kusul, ‘Mitos-Mitos Penghalang Perkawinan Pada Adat Jawa Dalam Prespektif Hukum Islam’, Jurnal Usratuna, 1 (2018).

Maftuh, Hasan, ‘”. (’, Skripsi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Raden Intan, Lampung, Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Akhlak Para Remaja Di Desa Kalidadi Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah, 2019, 39

Maknun, Moch. Lukluil, ‘Tradisi Pernikahan Islam Jawa PESISIR’, Kebudayaan Islam, 11, No. 1.

Mardani, Hukum Keluarga Islam Di Indonesia (jakarta: Prenadamedia Group, 2016)

Mas’udah, Ririn, ‘Fenomena Mitos Penghalang Perkawinan Dalam Masyarakat Adat Trenggalek’, Jurnal Huk (2010)

Qodir, Zuly, ‘Sosiologi Agama: Esai-Esai Agama Di Ruang Publik’, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011, h. 153-154

Sholikhin, Muhammad, Ritual Dan Tradisi Islam Jawa (Yogyakarta: Narasi, 2010)

Wahyuningsih, Bayu Ady Pratama dan Novita, ‘,’ Dalam Haluan Sastra Budaya, 2.Pernikahan Adat Jawa Di Desa Nengahan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten (2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v21i1.8299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Analisis: Jurnal Studi Keislaman

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Analisis: Jurnal Studi Keislaman Indexed by:

    

   

   

 

ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046, e-ISSN:2502-3969] published by Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, INDONESIA, KP. 35131. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis, email: analisis@radenintan.ac.id