Potensi Bawaan Manusia: Studi Komparatif Teori Tabularasa dan Konsep Fitrah

Moh. Isom Mudin, Ahmad Ahmad, Abdul Rohman

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk membandingkan teori tabularasa dan konsep fitrah. Artikel ini tergolong dalam  kajian pustaka, dengan menggunakan metode studi komparatif, yakni membandingkan antara teori tabularasa dengan konsep fitrah. Hasil penelitian menunjukkan, antara teori tabularasa dengan teori fitrah mempunyai kemiripan meskipun kedua teori ini berbeda. Perbedaan ini tidak terlepas dari paradigma yang mendasari kedua teori tersebut. Teori tabularasa adalah teori yang berkembang di Barat yang memandang bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan yang kosong bagaikan kertas putih. teori ini menolak adanya ide bawaan pada bayi, dengan alasan karena tidak dapat dibuktikan secara inderawi. Sedangkan konsep fitrah memandang bahwa manusia dilahirkan memang dalam keadaan bersih dan suci, tetapi disertai dengan potensi yang melekat pada bayi,seperti potensi bertauhid sebagaimana yang dikabarkan dalam al-Qur’an. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam konsep tabularasa hanya pengalaman inderawi yang diperoleh dari lingkungan yang akan mengisi dan menghiasi kertas kosong tersebut. Sementara dalam konsep fitrah, potensi yang ada pada bayi akan berkembang sesuai dengan lingkungan yang mempengaruhinya.

Keywords


Tabularasa; Fitrah; Potensi Manusia.

References


’Asyur, Ibn. “Tafsir Al-Tahrir Wa Al-Tanwir.” Tunisia: Dar al-Tunisia, 1984.

Abdullah, Abdurrahman Saleh. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Edited by H.M. Arifin and Zainuddin. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Agamben, G. “Bartleby, or On Contingency.” In Potentialities, edited by Daniel Heller-Roazen. Stanford: Stanford University Press, 1996.

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib. The Concept of Education in Islam: A Framework For an Islamic Philosophy of Education. Edited by Haidar Bagir. Bandung: Mizan, 1992.

Al-Baqi, Muhammad Fuad ’Abd. Mu’jam Mufahras Li Alfadzh Al-Qur’an Al-Karim. Kairo: Dar al-Hadits, 1996.

Al-Baz, Anwar. Al-Tafsir Al-Tarbawi Li Al-Qur’an Al-Karim. Mesir: Dar al-Nasyr li al-Jami’at, 2007.

Al-Dimasyqi, Ibnu Katsir. “Tafsir Ibnu Katsir.” Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah, n.d.

Al-Ghazali. Ihya ’Ulum Al-Din. Beirut: Dar Ibnu Hazm, 2005.

———. Mizan Al-Amal. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah, 1995.

Al-Jamaly, M. Fadhil. Konsep Pendidikan Qur’an: Sebuah Kajian Filosofi. Solo: Romadhoni, 1993.

Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. “Tafsir Al-Maraghi.” Beirut: Dar al-Fikr, n.d.

———. “Tafsir Al-Maraghi.” Beirut: Dar al-Fikr, 1365.

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. “Tafsir Al-Maraghi.” Lebanon: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah, 1365.

Al-Maududi, Abul A’la. Towards Understanding Islam. Lahore: Islamic Publication LTD Dacca, n.d.

Al-Zamakhsyari, Jārullah Maḥmūd bin ‘Umar. Tafsīr Al-Kasysyāf. Beirut: Dār al-Ma’rifah, 2009.

Alauddin Ali ibn Muhammad ibn Ibrahim al-Baghdadi al-Syahir bi al-Khazin. “Tafsir Al-Khazin Al-Musama Lubab Al-Ta’wil Fi Ma’ani Al-Tanzil.” Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah, n.d.

AM, Suhar. Filsafat Umum: Konsep, Sejarah Dan Aliran. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Arifin, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Aristotle. De Anima. Edited by J.A. Smith. Oxford: Clarendon University Press, 1931.

Arroisi, Jarman, and Zafaa’ ’Afaaf Zhoofiroh. “Terapi Psikoneurosis Perspektif Ustman Najati.” Jurnal Analisis 20, no. 2 (2020).

Assegaf, Abdurrahman. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Astawa, Inyoman Temon. “Teori-Teori Dalam Dunia Pendidikan Modern.” Jurnal Penjamin Mutu 1, no. 1 (2015).

Azra, Azyumardi. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2002.

Brill, A.A. Basic Principles of Psychoanalysis. New York: University Press of America, 1921.

Classics, Delphi. The Complete Works Of John Locke. United Kingdom: Delphi Classics, 2017.

Duschinsky, Robert. “Tabularasa and Human Nature.” Journal Philosophy 87, no. 4 (2012).

Fakhruddin, Muhammad al Razi. “Tafsir Al-Fakhr Al-Razi Al-Masyhur Bi Al-Tafsir Al-Kabir Wa Mafatih Al-Ghaib.” Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

Fauziyah, Siti. “Konsep Fitrah Dan Bedanya Dari Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi.” Jurnal Aqlania 8, no. 1 (2017).

Fuady, Munir. Teori-Teori Dalam Sosiologi Hukum. Jakarta: Kencana, 2011.

Halim, Fauzul, Nirhamna Hanif Fadillah, Yusuf Al Manaanu, and Farisma Jiatrahman. “Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim: Kritik Terhadap Pendidikan Jiwa Di Barat.” Jurnal Analisis 21, no. 1 (2021).

“Intenalisasi Nilai Akhlak Tasawwuf Dalam Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung.” M.A. Achlami HS 18, no. 1 (2018). Locke, John. An Essay Concerning Human Understanding. Pennsylvania: Penn State’s Electronic Classsics, 1999.

Ma’luf, Louis. Al-Munjid Fi Al-Luhgah Wa Al-A’lam. Beirut: Dar el-Masyreq, 1975.

Manzhur, Ibnu. “Lisan Al-Arab Al-Muhith.” Beirut: Dar al-Lisan al-Arab, 1988.

Mohamed, Yasien. Insan Yang Suci Konsep Fitrah Dalam Islam. Bandung: Mizan, 1997.

Mujib, Abdul. Fitrah Dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis. Jakarta: Darul Falah, 1999.

Mukminan. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: P3G IKIP, 1997.

Mursi, Abdul Hamid. SDM Yang Produktif: Pendekaatan Al-Qur’an Dan Sains. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.

Muthahhari, Murtadha. Fitrah. Edited by Afif Muhammad. Jakarta: Lentera, 1998.

Pinker, Steven. “The Blank Slate.” General Psychologist 41, no. 1 2006.

Prayitno. Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009.

Quthb, Sayyid. Tafsīr Fī Zilâl Al-Qur‘Ān. Beirut: Dār al-Syuruq, 1423.

Rusn, Abidin Ibnu. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Shihab, Quraish. “Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an.” Tangerang: Lentera Hati, 2007.

———. Tafsir Al-Mishbah: Pesan Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati, 2007.

Shihab, Qurasih. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1986.

Soejono, Agus. Aliran Baru Dalam Pendidikan. Bandung: CV. Ilmu, 1978.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

———. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Umum, Akal Dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung: Rosda, 2008.

———. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006.

Zainuddin. Seluk-Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.9359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Analisis: Jurnal Studi Keislaman

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Analisis: Jurnal Studi Keislaman Indexed by:

    

   

   

 

ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046, e-ISSN:2502-3969] published by Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, INDONESIA, KP. 35131. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis, email: analisis@radenintan.ac.id