ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBERIAN PERMINTAAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAL WATTAMWIL DI BANDAR LAMPUNG

Ridwansyah Ridwansyah, Helma Marariza

Abstract


Abstrak: Semangkin berkembangnya lembaga keuangan makro di Indonesia, ditandai banyaknya  lembaga keungan mikro yang hanya mengejar target pendapatan sehingga tujuan yang lebih besar sering diabaikan khususnya perkembangan ekonomi masyarakat kelas menegah bawah, kondisi inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Baitul Maal Wattamwil (BMT), guna membantu masyarakat dalam tambahan dana baik untuk modal usaha, konsumsi, investasi, maupun untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan dengan cicilan yang terjangkau. Salah satunya pembiayaan yang diminati masyarakat adalah pembaiyaan murabahah khususnya BMT di kota Bandar Lampung dan sangat diminati oleh masyarakat Bandar Lampung dibanding pembiayaan lainnya.

Adapun tujuan penelitian ini secara khusus adalah unutk menganalisis dan  mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pemberian permintaan pembiayaan Murabahah serta faktor yang sangat dominan berpengaruh terhadap pemberian permintaan pembiayaan Murabahah pada Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Bandar Lampung. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber rujukan, serta acauan bagi semua pihak untuk mendalami ekonomi Islam serta memberikan sumbangan pemikiran dalam ilmu pengetahuan, khususnya di bidang BMT, dan menjadi rujukan penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan data primer atau data empiris yang diperoleh dari penyebaran kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Dari hasil analisis faktor, diperoleh bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari faktor-faktor, yaitu Condition, Capacity, Capital, Collateral dan Character, dalam pemberian pembiayaan oleh BMT di Bandar Lampung kepada anggota yang mengajukan pembiayaan. Hasil analisis faktor-faktor, baik Condition, Capacity, Capital, Collateral dan Character, yang paling dominan berpengaruh pada pemberian pembiayaan adalah faktor Capacity dengan nilai 0,660. Sementara faktor yang lain, yaitu faktor Condition dengan nilai 0,600, faktor Character 0,505, faktor Capital dengan nilai 0,264, dan faktor Collateral dengan nilai 0,112.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24042/asas.v12i2.8273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021



 

ASAS : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah [The ASAS Journal of Sharia Economic Law] is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Sharia Economic Law Department, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN 2722-86XX