KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN ZOOM: STUDI PADA SISWA KELAS 8 SMP AR-RAHMAH MALANG

Syarif Syarif, Nur Kholis

Abstract


Salah satu media yang banyak digunakan saat pandemi Covid-19 adalah aplikasi Zoom. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran Online menggunakan platform konferensi seperti Zoom berdampak positif terhadap belajar siswa termasuk proses menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap keaktifan siswa dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an menggunakan Zoom. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dari lembar observasi selama pembelajaran, angket keaktifan yang diberikan setelah pembelajaran, dan wawancara tentang tanggapan siswa pada penggunaan Zoom dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menunjukkan total skor, persentase, atau rerata dari masing-masing jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat aktif, tetap termotivasi, dan mencapai tujuan belajar,  dalam pembelajaran menggunakan Zoom. Kajian ini menyatakan bahwa pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan Zoom sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran virtual layak digalakkan.apa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran Online menggunakan platform konferensi seperti Zoom berdampak positif terhadap belajar siswa termasuk proses menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap keaktifan siswa dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an menggunakan Zoom. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dari lembar observasi selama pembelajaran, angket keaktifan yang diberikan setelah pembelajaran, dan wawancara tentang tanggapan siswa pada penggunaan Zoom dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menunjukkan total skor, persentase, atau rerata dari masing-masing jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat aktif, tetap termotivasi, dan mencapai tujuan belajar,  dalam pembelajaran menggunakan Zoom. Kajian ini menyatakan bahwa pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan Zoom sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran virtual layak digalakkan.


Keywords


Hafalan Al-Qur’an, Keaktifan siswa, Media Zoom

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. doi: 10.22373/lj.v4i1.1866

Af’ida, I. (2018). Konsentrasi Belajar Ditinjau dari Pengelolaan Kelas dan Waktu Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi Dasar pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aini, Q., Dhaniarti, I., & Khoirunisa, A. (2019). Effects of ilearning media on student learning motivation. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(1), 1–12. doi: 10.33050/atm.v3i1.714

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arsyad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMApada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. doi: 10.37542/iq.v3i01.57

Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. IEJME: International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 677–688.

Convenience Sampling. (2011). In P. Lavrakas, Encyclopedia of Survey Research Methods. 2455 Teller Road, Thousand Oaks California 91320 United States of America: Sage Publications, Inc. doi: 10.4135/9781412963947.n105

Creswell, J. W. (2012). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Matthew Buchholtz, Ed.).

Dewi, D. S., & Perwitasari, N. H. (2020, April). Mengenal aplikasi meeting zoom: Fitur dan cara menggunakannya. Retrieved January 10, 2021, from Tirto website: https://tirto.id/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-cara-menggunakannya-eGF7

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Ernawati, L., & Kholis, N. (2018). Integration of Information Literacy and Information Technology in SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. In C. Anam (Ed.), Proceeding International Seminar: Literacy Awareness in Shaping Citizen Character (p. 298). Lamongan: Darul ‘Ulum Islamic University.

Firdaus, I. C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 51–58. doi: 10.32493/informatika.v2i1.1505

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. doi: 10.33394/jk.v6i2.2654

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. doi: 10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Hamalik, O. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. jakarta:Bumi Aksara.

Hamdani, Nasution, N., Irfan, M., & Nurmayati. (2020). Penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar anak usia dini selama masa pandemi corona virus disease 2019 (studi kasus di Raudatul Atfal Fathimaturridha Medan Tembung). EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 4(2), 151–158. doi: 10.47006/er.v4i2.8181

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hayes, B. K., Heit, E., & Swendsen, H. (2010). Inductive reasoning. Wiley Interdisciplinary Reviews. Cognitive Science, 1(2), 278–292. doi: 10.1002/wcs.44

Iqbal, M. (2020, October). Zoom Revenue and Usage Statistics (2020). Retrieved January 9, 2021, from BusinessofApps website: https://www.businessofapps.com/data/zoom-statistics

Irawan, L., Yulaini, E., & Januardi. (2019). Pengaruh media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa Akuntansi di SMK PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Neraca, 3(1), 99–107.

Irma. (2017). Pentingnya Media dan Model Pembelajaran dalam Proses Mengajar.

Johnston, N. (2020). Google Meet vs. Zoom: Which conferencing tool is better for you? Android Central. Retrieved from https://www.androidcentral.com/google-hangouts-meet-vs-zoom

Juwita, M. D., Hakiki, M., Gerieska, O., Lubis, S. F., Rizal, F., & Giatman, M. (2019). The effect of the web-based learning media on learning outcomes. Redwhite Press, 2, 31–35. doi: 10.32698//tech1315121

Kemendikbud. (2020, August). Penyesuaian keputusan bersama empat menteri tentang panduan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Retrieved January 9, 2021, from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in e-learning technologies: Role of multimedia in e-learning. In D. S. Deshpande (Ed.), Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles (pp. 199–227). Hershey, PA: IGI Global.

Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan memahami teks prosedur siswa kelas vii. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 269–278. doi: 10.32528/bb.v5i2.2795

Kholis, N. (2019). Islamic Universities Facing Disruptive Era: Implication for Management Change. Proceedings of the 19th Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS 2019, 1-4 October 2019, Jakarta, Indonesia. Presented at the Jakarta, Indonesia. Jakarta, Indonesia: EAI. doi: 10.4108/eai.1-10-2019.2291688

Kholis, N., & Fatchana, D. (2017). Urgensi Bahan Ajar Berbasis Multimedia Bagi Guru Pendidikan Agama Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2). Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/283

Kholis, N., & Murwanti. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. doi: 10.15408/tjems.v6i2.11487

Lee, J. (2020). Statistics, Descriptive. In International Encyclopedia of Human Geography (pp. 13–20). Elsevier. doi: 10.1016/B978-0-08-102295-5.10428-7

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. doi: 10.30998/formatif.v3i2.118

Megharaja, D. S., Rakshitha, H. J., & Shwetha, K. (2018). Significance of searching and sorting in data structures. International Research Journal of Engineering and Technology, 5(4), 294–297.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan, 1(2), 96–105.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Jakarta:Prestasi Pustaka.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. doi: 10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. doi: 10.47492/jip.v1i3.74

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS; Vol 5, No 2 (2018): SeptemberDO - 10.21831/Hsjpi.V5i2.17743. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/17743

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. Administration and Policy in Mental Health, 42(5), 533. doi: 10.1007/s10488-013-0528-y

Prasetya, S. P. (2018). Effect of learning media variation to increase interest and learning outcomes of geography. Proceedings of the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018). Presented at the Proceedings of the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), Surbaya, Indonesia. doi: 10.2991/icei-18.2018.122

Purnomo, M. S. (2015). Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Struktur Bumi Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri Ronggo Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Surakarta.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649–657. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.418

Rahmatia, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 20 Banda Aceh. 2(1), 212–227.

Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2019). The effect of interactive learning media on students’ science learning outcomes. In ICIET 2019: Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Education Technology (pp. 20–24). New York, NY, USA: Association for Computing Machinery. doi: 10.1145/3323771.3323797

Setyorini, D., & Churiyah, M. (2016). Increasing Activeness and Learning Outcomes by Developing Borland Delphi 7. 0 Application as Instructional Media. Journal of Education and Practice, 7(14), 129–140.

Sidik, G. T., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Firdaus, A. R. (2020). The effect of macromedia flash based learning media to improve the ability to calculate of students in elementary school. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 241–248. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/primaryedu/article/view/1805/1117

Sudjana, Mania, & Rivai, A. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: SInar Baru Algasindo.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bandung:Sinar BAru Algesindo.

Sugiyati, S. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 1(2), 227–241.

Sulasteri, S., Rasyid, M. R., & Akhyar, M. (2018). The effect of the use of learning media based on presentation media on interest and mathematical learning outcomes. 6(2), 221–236.

Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa secara online pada pelajaran animasi 2d melalui strategi komunikasi persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). doi: 10.51169/ideguru.v5i1.143

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif Tgt. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.

Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Penggunaan Media Video dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101. doi: 10.29303/jipp.v5i2.120

Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, Vol. 2, pp. 10–23.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1(2), 128–139. doi: 10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas v di SDN Ciparay i tahun ajaran 2020/202. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 222–228.

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160.

Wiranda, U., & Masniladevi, M. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3045–3051. doi: 10.31004/jptam.v4i3.808

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media modul elektronik di era revolusi industri 4.0. BIODIK, 6(2), 39–52. doi: 10.22437/bio.v6i2.8950

zoom.us,. (2021). Video conferencing, web conferencing, webinars, screen sharing. In Zoom Video. Retrieved from https://zoom.us/about




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.