Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Virtual pada Kelas V SD/MI

Ira Ainun Zulfiah, Nurul Hidayah, Hasan Sastra Negara

Abstract


Pembelajaran di sekolah termasuk pada sekolah dasar kini tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi seperti teknologi berbasis internet (virtual reality). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran serta terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, menarik perhatian, merangsang pikiran dan semangat belajar peserta didik di sekolah dasar sehingga dapat belajar secara mandiri khususnya pada pembelajaran tematik. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk media pembelajaran komik berbasis virtual pada kelas V SD/MI untuk mengetahui kelayakan dan respon tanggapan akan keefektifanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development), Thiagarajan Model-4D meliputi tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), Dissemination (penyebaran). Subyek penelitian peserta didik kelas V dan pendidik di MI Miftahul Huda Batu Bejat Nabang Baru dan MIN 1 di Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi serta berupa data kualitatif dan kuantitatif. Keseluruhan kelayakan produk dari para ahli (materi, media, bahasa) diperoleh hasil rata-rata 83,27% kategori sangat layak. Respon tanggapan hasil uji coba kelompok kecil dan besar peserta didik kelas V dan pendidik diperoleh hasil rata-rata 89,28% kategori sangat menarik


Keywords


Media Pembelajaran, Komik, Virtual

Full Text:

PDF

References


Aisyah Mu’min, S. (2013). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 89–99.

Anshori, S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.

Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media pembelajaran abad 21: Komik digital untuk siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–8. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(2), 133-150. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195

Hidayati, N., & Susanti. (2013). Analisis penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi materi akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3), 1–18.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 77–95.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(01), 171–187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Pratama, Y. A. (2018). Media komik dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 1 Sukabumi Bandar Lampung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 347–371. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.4123

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan media komik untuk pembelajaran materi logika dan algoritma komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9

Sari, F., Aunnurrahman, & Salam, U. (2017). Implementasi pengembangan media komik dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk pemerolehan membaca recount text. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(1), 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17916

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Alfabeta.

Suhendi, E. T. (2017). Berbahasa, berpikir, dan peran pendidikan bahasa. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 298–305. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1243

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children : A source book. University Of Minnesota.

Wahid, A. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i1.10952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ira Ainun Zulfiah, Nurul Hidayah, Hasan Sastra Negara



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search