ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SEBAGAI CALON PENDIDIK PROFESIONAL

NURUL HIDAYAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung sebagai calon pendidik profesional dibidang Pendidikan Dasar (SD/MI) melalui mata kuliah pembelajaran mikro (microteaching). Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Subyek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah pembelajaran mikro tahun akademik 2016/2017 sebanyak 5 orang. Metode pengumpulan data melalui lembar dokumentasi dan observasi. Analisa data melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan perencanaan pembelajaran mahasiswa praktikan sudah siap, yaitu mahasiswa menyiapkan silabus pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah terpenuhi dengan lengkap. Namun dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan komponen keterampilan dasar mengajar terdiri dari 8 keterampilan yaitu keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil masih belum dapat dilakukan dengan baik, terlihat pada komponen mengelola kelas mahasiswa pratikan tidak memberikan teguran kepada peserta didik karena rasa tidak enak karena peserta didik adalah teman sesama mahasiswa, dan membuat simpulan dari hasil diskusi kelompok untuk menutup diskusi. Kata kunci: Analisis, Kesiapan, Pendidik Profesional,

Keywords


Analisis, Kesiapan, Pendidik Profesional

References


Anita Diah Prasetyana dkk. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Mikro (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNS Tahun Kademik 2012-2013). (Jurnal Magister Matemika UNS), Vol.3 No.4. 2015.

Astri Sutisnawati. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal MPD Volume 8, Nomor 1 Februari. 2017.

Barnawi dan M. Arifin. 2016. Micro Teaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budi Irawansyah. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Alumni Program Studi Pendidikan Matematika STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa menjadi Guru Profesional”, Jurnal. 2014.

Dadang Sukirman. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta; Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Kementerian Agama RI.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurukulum 2013. Yogyakarta, Gava Media.

Entri Sulistari, Andri Ayu Madyaningrum, Madiya. 2013. “Perbedaan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Dikalangan Mahasiswa Pendididkan Ekonomi FKIP UKSW Ditinjau Dari Ekspektasi Setelah Lulus”.

Lisa Purwati “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan dan Konsep Diri Akademik Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan 2011). Skripsi.

Mills, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moh. Uzer Usman. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, J. Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Salinan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 (didownload tanggal 8 Agustus 2017).

Salinan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013. (didownload tanggal 8 Agustus 2017).

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempegaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Udin Syaefudin Saud. 2013. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Bab I Ketentuan Umum, pasal 1 nomor (1).

Zai nal Asril. 2015. Microteaching. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search