Analisis Kemampuan Mencermati Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dari Teks Tulis Melalui Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC)

Pri Palupi, Alfi Alfi Laila, Novi Nitya Santi

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peran sangat penting dalam proses komunikasi. Membaca dapat membuat seseorang lebih memahami isi bacaan. Dalam pembelajaran untuk memudahkan siswa memahami isi bacaan dan lebih memudahkan siswa untuk mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran model CIRC untuk mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung pada siswa SD kelas IV. Artikel ini merupakan penelitian kualitatif dengan jumlah subjek 30 siswa. Dari 30 siswa terdapat tujuh kelompok selanjutnya peneliti mengambil empat hasil kelompok untuk diwawancarai dengan alasan mereka memiliki kemampuan mencermati yang baik sesuai indikator. Tekik pengumpulan data yang dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: (1) pengumpulan data; (2)penentuan sampel; (3) pencatatan data; (4)reduksi;  dan (5) Penarikan kesimpulan. Sumber data dalam artikel ini adalah jurnal dan buku yang berkaitan dengan pembelajaran model CIRC. Data tersebut memberikan gambaran mengenai penerapan model CIRC terhadap kemampuan mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung. Selanjutnya, obyek penelitian adalah proses adaptasi dan kaitannya dengan urgensi model CIRC. Kesimpulan artikel menunjukkan bahwa: model CIRC ini sangat bagus diterapkan pada kompetensi dasar kemampuan  mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung.


Keywords


Model Pembelajaran CIRC, Gagasan Pokok, Gagasan Pendukung, Bahasa Indonesia

References


Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Bruce Joyce, Marsha Weil, E. C. (2009). Model of Teaching Model-Model Pengajaran. Pustaka Belajar.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Eliana, N. (2021). Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Paragraf. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 39–55.

Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia pada Masyarakat. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 43–48.

Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis di sd/mi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 27–35.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Ifrianti, S. (2015). Implementasi Metode Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 150–169.

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Kabanga, T., & Sari, P. W. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SDN 213 Inpres Lemo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(3), 25–30.

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.

Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124.

Mulyati, Y. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Dalam: Hakikat Keterampilan Berbahasa. Praba UT.

Palupi, P., Laila, A. A., & Santi, N. N. (2020). Analisis Kemampuan Mencermati Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dari Teks Tulis Melalui Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 119–134.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376.

Prasasti, R. (2016). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114–119.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Situmorang, A. S. (2016). Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas HKBP Nommensen TA 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan Fkip-Uhn, 3(1), 15.

Stevens. (2012). Cooperative Integrated Reading and Composition. U.S DEPARTMENT OF EDUCATION.

Suarjaya, I. W. (2018). Model Pembelajaran Hindu Dalam Adi Parwa. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(1), 49–56.

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran cooperatif integrated reading composition berpola lesson study meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203–211.

Wulandari, N. (2014). Keefektifan pembelajaran CIRC Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas-Viii Materi Kubus-Balok. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).

Yuwanda Megri Santika, Otang Kurniaman, Z. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Pulau Kopung Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan SingingI. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 1689–1699.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search