Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Materi Momentum, Impuls dan Tumbukkan

Yulisna Wati, Sartiman Sartiman, Murih Rahayu

Abstract


Abstract:This study aims to  determine wheter there is influence of learning Discovery Learning model to the learning outcomes of class X students in MAN 1 Krui Pesisir Barat. The research that the outhors do is a tipe of research Quasy Experimentals Design, which involves two class groups of experimental class and control class, which the number of students each class of 31 learners. Data collection is obtained by using the test instrument, the test instrument of learning outcomes in the form of multiple choice that is in the form of pretest and postest. Obtained the results of research that there is influence on learning outcomes of learners after using the model of Learning Discovery. T test obtained thitung > ttabel that is 2,593 > 2,000 with significant level α = 0,05. So H1 is accepted, indicating that there is influence of Discovery Learning model to the learning result of class X students in MAN 1 Krui Pesisir Barat.

 

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 1 Krui Pesisir Barat. Penelitian yang penulis lakukan merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design, yang melibatkan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan jumlah peserta didik pada masing-masing kelas yaitu 31 peserta didik. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes, instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yaitu berupa pretest dan postest. Diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,593 > 2,000 dengan taraf signifikan α = 0,05. Jadi H1 diterima, yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 1 Krui Pesisir Barat.


Full Text:

PDF

References


Anen Siswati, H., Sunarno, W., & Suparmi. (2012). Pembelajaran fisika berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen ditinjau dari kemampuan verbal dan gaya belajar. Jurnal Inkuiri, 1(2), 132–141.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-logs Pembelajaran Fisika Dasar 1. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25.

Candra Sayekti, I., Sarwanto, & Suparmi. (2012). Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan AAnalisis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(2), 142–153.

Departemen Agama RI. (n.d.). Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Jakarta: Alfatih.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 241–253. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96

Eko Purwanto, C., Eko Nugroho, S., & Wiyanto. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 26–32.

Khoiri, N., Hindarto, N., & Sulhadi. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis Life Skill Untuk Meningkatkan Mnat Kewirausahaan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 84–88.

Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22.

Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–5.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyaningrum, A. W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guided Discovery dalam Melatihkan Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Listrik Arus Searah Kelas XII SMA Negeri 1 Krian Astry Wiji Sulistiyaningrum , Madlazim Astry Wiji Sulistiyaningrum , Madlazim. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(1), 12–17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Science and Mathematics Education