Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Nur Aulia Faj, Jamal Fakhri, Ajo Dian Yusandika

Abstract


Abstract: This research aims to determine whether the model of learning Quantum Teaching effective learning outcomes of learners on business materials and energy class VIII in SMP Negeri 1 Penengahan. This study includes the type of experimental research. Where there is an experimental class and class control. The selected research method is quasi experiment with non equivalent control gruop. The independent sample t-test is used to determine the difference of learners' learning outcomes. The result of the analysis shows that there is a difference of mean of learners 'learning result, and the effectiveness of the use of Quantum Teaching learning model is more effective in improving learners' learning outcomes, it is shown from the value of effect size obtained by 0.3 including medium category.

 

Abstrak: Semua informasi tentang persyaratan dan format ada dalam template ini. Bacalah secara teliti dan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 1 Penengahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang dipilih yaitu kuasi eksperimen dengan non equivalent control gruop. Uji independent sample t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar peserta didik, dan efektivitas penggunaan model  pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dari nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,3 termasuk kategori sedang

Keywords


Belajar , Praktikum, Quantum Teaching

Full Text:

PDF

References


Hidayana, I., & Juliani, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T . P 2013 / 2014. Jurnal Inpafi, 2(2).

Juliani, R., & Rahmatsyah. (2012). Penerapan Metode Quantum Taching pada Mata Kuiah Pengukuran dan Alat Ukur Fisika Mahasiswa Semester I Jurusan Fisika FMIPA UNIMED. Jurnal Online Pendidikan Fisika, 1(1).

Leasa, M., & Ernawati, Y. (2013). Penerapan Pendekatan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon. In Prosiding FMIPA Universitas Pattimura 2013 (pp. 168–176).

Margoni, I., Sahida, H., & Himawati. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Lingsar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1).

N.K, R. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 116–120.

Novalia, & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Aura.

Nurmuji, N., Indrawati, & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Quantum Teaching Disertai CD Interaktif dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–4.

Siswanto, J., Saefan, J., & Suparmi. (2016). The Effectiveness of E-Lab to Improve Generic Science Skills and Understanding The Concept of Physics. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI), 12(1), 33–40. https://doi.org/10.15294/jpfi

Solikin, M., & Abdullah, A. A. (2014). Pengaruh Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton di Kelas X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 10–13.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(2), 196–203.

Wattimena, H. S., Suhandi, A., & Setiawan, A. (2014). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Development of Physics Experiment Lectures Instrument to Improve Pre-Service Teachers Creativity in Designing Physics Practical Work. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI), 10(2), 128–139. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3349

Wigati, F. A. (2016). The Effect of The Implementation of Quantum Teaching Straregy in Teaching Writing a Descriptive Text. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 42–50.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License