Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep

Tara Ulfia, Irwandani Irwandani

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of the TGT model on the understanding of students' concepts. The research method used was quasi-experimental with a non equivalent control group design. The population in this study amounted to 76 students, with samples VIII C as the experimental class and VIII A as the control class. The sampling technique uses cluster random side. To measure the understanding of concepts students are tested with multiple choice questions amounting to 20. Test hypotheses are used to determine whether or not there is an influence of the TGT model on students' conceptual understanding. The results of the analysis state that there is an influence on understanding the concepts of students. This is evidenced from the acquisition of tcount more than t table, which is 4.933 more than 2.011, which means that, there is the influence of the TGT learning model on students' conceptual understanding.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT terhadap pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 peserta didik, dengan sampel VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random samping. Untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 20. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model TGT terhadap pemahaman konsep peserta didik. Hasil analisismenyatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai thitung lebih dari ttabel yaitu 4,933 lebih dari 2,011 yang berarti bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap pemahaman konsep peserta didik.


Keywords


model TGT (Teams Games Tournament); pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W dan R.K, David. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:PT. Rineka Cipta

Irwandani, Model Pembelajaran Just In Time Teaching (Jitt) Berbantuan Website Pada Topik Listrik Arus Bolak-Balik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Tesis. Bandung:UPI

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Jakarta:Alfabeta

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Sahnam, Wildan, Erin Ryantin, Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 2 Pujut Lombok Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 21 No. 2, 2014

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License