Ijtihad Ekonomi dalam Pengelolaan Aset Wakaf

Amir Mu'allim

Abstract


Di dalam Fikih Islam, setiap kasus yang tidak secara tegas disebutkan ketentuan hukumnya oleh dalil secara otomatis masuk ke dalam ranah penafsiran hukum (ijtihad). Hal ini berlaku juga untuk kasus wakaf. Mengingat pelaksanaannya tidak secara detail dijelaskan dalam Aquran dan Hadits maka hal tersebut menjadi sangat terbuka bagi penafsiran yang eksibel dan dinamis. Studi ini menelaah tentang praktik wakaf pada Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (UII) dan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBSA), Semarang. Fokus persoalan pada penelitian ini adalah model ijtihad ekonomi yang dijadikan landasan dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf. Penelitian ini menemukan bahwa fakta bahwa YBSA menjadikan seluruh aset yayasan sebagai aset wakaf meskipun sebenarnya seluruh aset yang ada merupakan hasil pengembangan dari modal wakaf (pada awalnya berupa sekolah-sekolah dasar kemudian berkembang hingga memiliki perguruan tinggi dan Rumah Sakit). Dalam kajian hukum Islam, menggabungkan modal dengan hasil pengembangan sebagaimana yang dilakukan oleh YBSA merupakan ijtihad baru dalam pengelolaan wakaf dan diistilahkan dengan ijtihad ekonomi.


Keywords


economic ijtihad, waqf development, Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung

References


“Aset Wakaf Property MUI Singapura Senilai Rp 7,5 T,” t.t., http://www.beritawakaf.com.

Affandi, Ahmad, and Diah Nurhayati Nufus. “Analysis On Cash Waqf Return Fund Allocation In Indonesia: Acase Study In Indonesian Waqf Deposit.” In Seventh International Conference-The Tawhidi Epistemology: Zakat and Waqf Economy, pp. 119-135. 2010.

Bamualim, Chaider dan Irfan Abubakar. Revitalisasi Filantropi Islam (Jakarta: Pusat Bahasa dan Budaya [PBB] UIN Jakarta, t.t.), 256-257.

Bukhari, Muhammad Ibn al-. Shahih al-Bukhari, dalam Kitab al-Syurut fi al Waqfi. Bayrut: Dar al-Fikri, 1981.

Budiharjo, Anas. Pengelolaan Wakaf Produktif di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011.

“Data Direktorat Pemberdayaan Wakaf Kementerian Agama RI,” Maret 2016.

Djamil, Fathurrahman. Filsafat Hukum Islam. Cet. II. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1992.

Djalaludin, Ahmad. “Legitimasi Fiqih Bagi Obtimalisasi dan Pendayagunaan Wakaf ”. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 3, no. 1, (2007).

Fauzan, Abdullah bin Shalih al-. Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Marram. Cet. ketiga. Dar Ibnul Jauzi, 2011.

Hidayati, Tri Wahyu. Problematika Pengelolaan Wakaf di Indonesia, t.t.

Huda, Miftahul. “Pengelolaan Wakaf dalam Perspektif Fundraising: Studi Tentang Penggalangan Wakaf pada Yayasan Hasyim Asy’ari Ponpes Tebuireng Jombang, Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, dan Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya”. Pascasarjana IAIN Walisongo, 2011.

Hadi, A. Chairul. “Peluang Wakaf Produktif untuk Pembiayaan Pendidikan Islam. Jurnal FAI: Turats 5, no. 1, (2009).

Hassan, M. Kabir. “An Integrated Poverty Alleviation Model Combining Zakat, Awqaf and Micro-Finance.” In Seventh International Conference–The Tawhidic Epistemology: Zakat and Waqf Economy, Bangi, Malaysia, pp. 261-281. 2010.

Htay, Sheila Nu Nu, Syed Ahmed Salman, Soe Myint, and Haji Ilyas. “Integrating Zakat, Waqf and Sadaqah: Myint Myat Phu Zin Clinic Model in Myanmar.” Tazkia Islamic Finance and Business Review 8, no. 2 (2014).

Ibrahim, Dahlia, and Hasnidar Ibrahim. “The Revitalization of Islamic Trust Institution Through Corporate Waqf.” In 4th International Conference on Business and Economic Research Proceedings. 2013.

Isfandiar, Ali Amin. “Tinjauan Fiqh Muamalat dan Hukum Nasional tentang Wakaf di Indonesia,” Jurnal Ekonomi Islam II, no. 1 (t.t.): 55.

Ihsan, Hidayatul, and Shahul Hameed Hj. Mohamed Ibrahim. “WAQF Accounting And Management In Indonesian WAQF Institutions: The Cases Of Two WAQF Foundations.” Humanomics 27, no. 4 (2011): 252-269.

Jahar, Asep Saepudin. “The Clash Of Muslims And The State: Waqf And Zakat In Post Independence Indonesia.” Studia Islamika 13, no. 3 (2006).

Khairuddin, A. R., H. Sharina Farihah, A. S. Azila, O. Jamilah, and A. Srazali. “Preliminary Discussion on the Potential of Zakat-Waqf Collaboration in the Provision of Housing for The Needy Muslims.” In Proceedings of the National Conference on Zakat and Economic Development. 2015.

Kholis, Nur. Wakaf dan Upaya Pemberdayaan Potensinya Secara Produktif di Indonesia, dalam Pribumisasi Hukum Islam. Yogyakarta: PPs-FIAI UII, 2012.

Khallaf, Abdul Wahaf. Sejarah Pembentukan dan Perkembangan Hukum Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2003.

Mu’allim, Amir. Hukum Islam dan Ijtihad Keindonesiaan dalam Pribumisasi Hukum Islam. Yogyakarta: Kaukaba, 2012.

Muttaqien, Dadan. Ijtihad dalam Pengelolaan Tanah Wakaf Secara Produktifdi Yayasan Badan Wakaf UII. Yogyakarta: DPPM-UII, 2013.

Muntaqo, Firman “Problematika dan Prospek Wakaf Produktif di Indonesia,” Jurnal Al-Ahkam 25, No. 1 (April 2015): 90–91.

Munir, Zainal Arifin. “Revitalisasi Manajemen Wakaf sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat,” Jurnal Syari’ah dan Hukum 5, no. 2 (Desember 2013): 162.

“Manajemen Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung,” t.t., http://ybwsa.

org/profil-ybwsa/manajemen.html.

Nafis, H.M. Cholil. “Reaktualisasi Ajaran Wakaf,” t.t., http://bwi.or.id/index.php/en/publikasi/artikel/637-reaktualisasi-ajaran-wakaf.html.

Nagaoka, Shinsuke. “Resuscitation of the Antique Economic System or Novel Sustainable System?: Revitalization of the Traditional Islamic Economic Institutions (Waqf and Zakat) in the Postmodern Era (Special Feature: Socio-Economic Role of Islamic Finance and its Potential in the Post- Capitalist Era).” イスラーム世界研究 7 (2014): 3-19.

Qardawi, Yusuf Al-. Al-ijtihad al-Muajir, t.t..

Raimi, Lukman, Ashok Patel, and Ismail Adelopo. “Corporate Social Responsibility, Waqf System and Zakat System As Faith-Based Model For Poverty Reduction.” World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development 10, no. 3 (2014): 228-242.

Rahim Abdul Rahman, Abdul. “Islamic Microfinance: An Ethical Alternative To Poverty Alleviation.” Humanomics 26, no. 4 (2010): 284-295.

Syibly, M. Roem dan Amir Mu’allim, Ijtihad Ekonomi Islam Modern. Surabaya: Procceding AICIS 2012.

Shirazi, Nasim Shah. “Integrating Zakât And Waqf Into The Poverty Reduction Strategy Of The IDB Member Countries.” (2014).

Solikah, Fitriana. Tukar Guling Wakaf Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2012.

Syibly, M. Roem dan Amir Mu’allim, Ijtihad Ekonomi Islam Modern. Surabaya: Procceding AICIS 2012.

Zakaria, Azliza Azra Mohd, Rose Ruziana Abd Samad, and Zurina Shafii. “Venture Philanthropy Waqf Model: A Conceptual Study.” Jurnal Pengurusan (UKM Journal of Management) 38. (2013).

Zarka, Muhammad Anas. “Leveraging Philanthropy: Monetary Waqf For Microfinance.” In Shari’a Compliant Microfinance, pp. 90-94. Routledge, 2013.

Undang-Undang No. 41 Tahun 2004

Didik Supadie, Sekretaris YBWSA, Mei 2015.

Subowo, Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat, YBWUII.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v14i2.2212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AL-'ADALAH

Creative Commons License

Al-'Adalah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.