Pengembangan Sekolah Inklusi dan Pengaruhnya Terhadap Strategi Asesmen Anak Difabel

shofiyatuz zahroh

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi kurikulum terhadap anak berkebutuhan khusus, strategi penilaian anak berkebutuhan khusus, metode atau strategi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, dan konsep pendidikan inklusi. Penelitian ini dilakukan di Safa Islamic Preschool Yogyakarta, 2019 yang mengembangkan kurikulum 2013 dan dikombinasikan dengan kurikulum Montessori yang bernafaskan Islam. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendektakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah, Safa Islamic Preschool benar-benar menjaga marwah sistem pendidikan inklusi, dengan membuat perencanaan yang matang terhadap proses pembelajaran serta penilaian anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan anak berkebutuhan khusus mampu mengembangkan potensinya dengan baik sesuai dengan hambatan yang dimilikinya, shadowteacher mampu membimbing anak dalam mengembangkan potensinya, lingkungan mampu menciptakan situasi yng sangatmendukung terhadap perkembangan anak, penilaian dilakukan sesuai dengan proseduranak berkebutuhan khusus. 




Keywords


pendidikan inkklusi, metode atau strategi pembelajaran, penilaian, anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Gullo, Dominic F. 2005. Understanding Assessment and Evaluations in Early Childhood Education. New York: Teachers College Press

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendektan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Mulyasa, H. E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nutbrown, Cathy dan Peter Clough. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini: Sejarah, Filosofi dan Pengalaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Santi, Danar. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini: Antara Teori dan Prakik. Jakarta: Indeks

Smart, Aqila. 2006. Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogykarta: Ar-Ruzz Media

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Thompson, Jenny. 2012. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Esensi:tt

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Abdullah, Nandiyah. 2013. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus,” no. 86: 10.

Asiyah, Dewi. 2018. “Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus.” Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal 1 (01). http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic/article/view/3480.

Baharun, Hasan, dan Robiatul Awwaliyah. 2018. “Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5 (1): 57–71. https://doi.org/10.36835/modeling.v5i1.209.

Bailey, Donald B., R. A. McWilliam, Virginia Buysse, dan Patricia W. Wesley. 1998. “Inclusion in the Context of Competing Values in Early Childhood Education.” Early Childhood Research Quarterly, Inclusion in early childhood settings, 13 (1): 27–47. https://doi.org/10.1016/S0885-2006(99)80024-6.

Darma, Indah Permata, dan Binahayati Rusyidi. 2015. “Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2 (2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530.

Dewi, Nurul Kusuma. 2017. “Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk AUD.” Jurnal Pendidikan Anak 6 (1): 12–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15657.

Faradina, Novira. 2016. “Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus” 4: 11.

Herawati, Nenden Ineu. 2010. “Pendidikan Inklusif.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 2 (1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2755.

Hussu, Amelija Mozetič, dan Marko Strle. 2010. “The Assessment of Children with Special Needs.” Procedia - Social and Behavioral Sciences, Innovation and Creativity in Education, 2 (2): 5281–84. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.861.

Nah, Kwi-Ok, dan Jung-In Kwak. 2011. “Child Assessment in Early Childhood Education and Care Settings in South Korea.” Asian Social Science 7 (6). https://doi.org/10.5539/ass.v7n6p66.

Nugroho, Agung, dan Lia Mareza. 2016. “Model dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi | Nugroho | JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.” Oktober 2016. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/105/118.

Pratiwi, Jamilah Candra. 2016. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya.” Prosiding Ilmu Pendidikan 1 (2). http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7725.

Salim, Abdul. 2010. “Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusif Berbasis Kebutuhan Individu Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16 (7): 21-34–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i7.504.

Wathoni, Kharisul. 2013. “Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pendidikan Islam.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 1 (1): 99-109–109. https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.1.99-109.

Wati, Ery. 2014. “Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 14 (2). https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.508.

Widyastono, Herry. 2007. “Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkelainan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 13 (65): 314-324–324. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.340.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.