Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak Tari Ayam

Triana Indrawati, Nabila Aulia Rahmah

Abstract


Chicken Dance Motion is a dance movement with the imagination like being a Chicken who is looking for food, walking, jogging, and so forth. Motion as the main ingredient in dance, is used as a medium to express ideas of what they think and feel. Chicken dance movements can improve the gross motor development of children. Motor Development means the development of controlling physical movements through coordinated nerve center, nerve and muscle activities. This study aims to describe the pre-cycle conditions of chicken dance learning in B1 group children and explain whether the method of chicken dance learning can improve the gross motor development of early childhood. This type of research is a classroom action research conducted collaboratively between researchers and teachers. The study was conducted in two cycles. The research subjects were children of group B1 TKIT Mutiara Hati Petarukan Pemalang. The results showed that there was an increase in children's gross motor development through chicken dance movements in the B1 group TKIT Mutiara Hati Petarukan Pemalang.

Keywords


gross motor skills, early childhood, and dance moves.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Eliyyil, dan Jainal Abidin. Pembelajaran Seni Tari dalam Mewujudkan Aspek Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Peteri Bensu Takengon. Jurnal Pendidikan Anak: AWLADY. Vol. 4. No. 2. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3221

Alawiyah, Tuti Ratu. 2014. Peningkatan Ketrampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Banten. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 8. No (1).

Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61-70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248

Apriloka, Dinita Vita. 2020. Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari jenis Kelamin. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Vol. 3. No. 1.

Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arwati, Ni Made, dan Siti Fadillah. 2019. Pengaruh Gerak Dan Lagu (Music And Movement) terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. VOL. 2. No. 2. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2514

Febrialismanto. 2017. Gambaran Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pesona Dasar. Vol 5. No (2).

Hasanah, Uswatun. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 5. No. 1.

Hidayanti, Maria. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7. No (1).

Kardiawarman. 2000. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Unoversitas Pendidikan Indonesia.

Khoiruzzadi, Muhammad, dkk. 2020. Upaya Guru dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED. Vol. 2. No. 1. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561.

Kuswanto, C. W. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Darul Ilmi, 1(2).

Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasari, dkk. 2020. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vo. 4 No. 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240

Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Rosda.

Novitasari, Reni, dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 4. No. 1.

Padilah dan Novianti. 2019. Implementasi Kegiatan Bermain Papercraft dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B PAUD Taman Sari Banyuasin. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. VOL. 3. No. 1. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3273

Putri, Meylani Eka, dan Prima Aulia. 2020. Efektivitas Permainan Lari Estafet Modifikasi Untuk Menignkatkan Motorik Kasar Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Bahari Pasir Kandang. Jurnal Pendidikan Anak: Bunayya. Vol. 6. No. 1.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Majalengka: Nusa Media.

Rofiah, Sohibah Darojatur dan Hilman Mangkuwibawa. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Memabtik Jumputan. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Vol. 3. No. 1.

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) PAUD Kurikulum 2013.

Sum, Theresia Alviani dan Emilia Greceila Mega Taran. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vo. 4 No. 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Rachmi, Tetty dkk. 2018. Ketrampilan Musik dan Tari. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Zahroh, Amilatul dkk. 2019. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Alat Permainan Simpai pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Bangun Ungging Mojokerto. JECED. Vol 1. No. 1. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.493.

Zarkasih, Muslichah dan Tjandrasa Meitasari. 1978. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.