Mathematical Problem Solving Capabilities: The Impact of Search Solve Create Share and Think Pair Share learning models on Logarithmic Lesson

https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.6740

Syahfitri Purnama, Muawanah Muawanah, Tista Maya Surati, Rika Septianingsih

Abstract


A learning can run well supported by an appropriate learning model. In this study the Search Solve Create Share (SSCS) and Think Pair Share (TPS) learning models are used. This research is a quantitative study using t test. The purpose of this study is to study whether there are differences between the SSCS learning model and the TPS learning model on students' mathematical problem solving abilities. This research is a quantitative study with a research design. Random Design Group Pretest-Posttest Group. The results of this study obtained a P-value smaller than the significance level. Hypothesis testing from this study provides conclusions about the TPS learning model better than the SSCS learning model in improving students' mathematical problem solving abilities.


Keywords


Mathematical Problem Solving Ability, SSCS, TPS

Full Text:

PDF

References


Akbar, Padillah, Abdul Hamid, Martin Bernard, and Asep Ikin Sugandi. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang.” Jurnal Cendikia 2 (1): 144–53.

Aldila, Suci, and Riki Mukhaiyar. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi.” Ranah Research 2 (2).

Amalia, Poppy, and Edy Surya. 2017. “Perbedaan Hasil Belajar Statistika Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan TPS.” Kreano 8 (1): 8–14.

Fatiya, Maulidya Rizqa, Partaya, and Nur Kusuma Dewi. n.d. “Penerapan Model Search, Solve, Create, Share (Sscs) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Di Sma,”Bioma 8 (1): 291–303.

Gafur, Indah Mawarni, Muhammad Sudia, and Hasnawati. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Open-Ended Siswa Kelas VII-2 Smpn 3 Kulisusu Melalui Pendekatan Pengajuan Masalah Pada Pokok Bahasan Segi Empat.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 3 (1).

Hartanti, Putri Setyo. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share ( SSCS ) Menggunakan Media Lkpd Pada Materi Penyajian Data Untuk Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Kepanjen.” Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2): 62–68.

Hidayat, Wahyu, and Ratna Sariningsih. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended.” Jurnal Nasional Pendidikan Matematika 2 (1): 109.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol 1(2), 1–13.

Husna, Husna., Ikhsan M., Fatimah, Siti., (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair, share(TPS). Jurnal Peluang, Vol 1(1), 81-92.

Ikhram, A. D., Djamas, D., Ramli, (2018). Penerapan Problem Solving Model SSCS Terhadap Creative Thinking Skill Peserta Didik Materi Kesetimbangan dan Elastisitas Kelas XI SMAN 12 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11 (1), 105-112.

Johan, Henny, (2013). Pengaruh SSCS Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa, Vol 4(2), 13-18.

Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117–125.

Nadhiroh, H., Jamilah, Y., Yani, Ahmad, Y., (2015). Model Pembelajaran TTW dan TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Bangun Datar. Jurnal Untan, Vol 4 (9). 1-13.

Netriwati, Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7 (2), 181-190.

Nurrrohmat, N., Fathurrohman, M., Santosa, C. A., (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis. JPPM, Vol 12 (2), 226-241.

Novian, H., Fitriani, D., (2018). Pengaruh Model Realistik Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1 (2), 385-392.

Oktapiani, Ni K. S., Wibawa, I M. C., Gaminah, Ni N., (2016). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbatuan Media Permainan puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4 (1). 1-10.

Parno, P., Mustofa, Z., & Masjkur, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share ) dengan Strategi Mind Mapping terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Siswa. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, Vol 1 (9), 35-41.

Periartawan, E., Japa, I. G., Widiana, W., (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV di Gugus XV Kalibukbuk. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2(1).

Raehanah, Mulyani, S., Saputro, S., (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan model Problem solving tipe SSCS dan CPS ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Matematis. Jurnal Inkuiri, Vol 3 (1), 19-27.

Rahayu, D. V. (2016). Pembelajaran Dengan Strategi Search-Solve-Create-Share untuk Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Matematika. Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol 5 (3), 325-334.

Rahmawati, N. K., Hanipah, I. R., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Student Teams Achiement Division Terhadap Hasil Belajar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 2 (2), 43-48.

Samira, Mustami, M. K., Taufiq, A. U., (2019). Pengaruh Model Search, Solve, Create, and Share Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tinambung. Jurnal Al-Ahya Vol(1), 83-95.

Santoso, Agung, (2010). Studi Deskriptif Effect Size penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penlitian, Vol 14(1), 1-17.

Saragih, R. M. B., (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Student Trans Achievement Division (STAD). Jurnal Stain, Vol 5(1), 53-65.

Satriawan,Rodi. (2018). Keefektifan Model Search, Solve, Create, and Share Ditinjau dari Prestasi, Penalaran Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol 4(3), 87-99.

Sirait, F., Siagian, P., (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share and Student Achievement Division Berbatuan Geogebra Pada Materi Transformasi di Kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Jurnal Inspiratif, Vol 3 (3), 351-511.

Siregar, T. J. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Axiom, VIII(1), 15–25.

Swandewi, A., Suarni, K., Lasmawan, W., Studi, P., Dasar, P., & Pascasarjana, P. (2019). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif TIPE Think Pair Share ( TPS ) Berbantuan Question Cards Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. PENDASI, 3(1), 1–11.

Tanjung, H. S., Nababan, S. A., (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Pendidikan, Vol 10(2),178-187.

Tristiantari, Ni K. D., Marharni A. A. E. I.N., Johan, I W., (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Berbicara dan Keterampilan Berpikir Kreatif Bagi Siswa Kelas V SD NegeriGugis III Kecamatan Seririt. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3.

Untary, E. (2017). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasu Berperestasi. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 35–42.

Utami, R. P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share ( SSCS ) dan Problem Based Instruction ( PBI ) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. Bioedukasi, 4(2), 57–71.

Zulhanaya, Sri. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair, and Share dan Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Serunai Matematika, Vol 11(2). 123-132.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.6740

Article Metrics

Abstract views : 501 | PDF downloads : 305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.