Mathematical Problem Solving Ability: The Impact of Mathematics Learning Videos on an E-Learning Platform

Aufa Salsabila, Trisna Roy Pradipta

Abstract


This study aimed to determine the effect of instructional videos on an e-learning platform toward students' mathematical problem solving ability. This research employed the quantitative aproach and experimental research design. This study utilized a test instrument to determine students' mathematical problem solving abilities. Furthermore, a t-test was performed on the data that had fulfilled the prerequisite testings: the normality test and the homogeneity test. The results indicated that there was an effect of mathematics learning videos on the e-learning platform on students' mathematical problem solving abilities. Students who watched the instructional videos had better mathematical problem solving abilities than students who did not watch the instructional videos.

 


Keywords


Problem Solving Abilities; Tutorial Video.

Full Text:

PDF

References


Ariawan, Rezi, and Hayatun Nufus. 2017. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 1(2).

Assidiqi, Hasby. 2015. “Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):45–55.

Astuti, Puji, and Febrian Febrian. 2019. “Diseminasi Online Multimedia Pembelajaran Matematika Yang Dikembangkan Menggunakan Videoscribe.” Jurnal Anugerah 1(1):19–24.

Awaliyah, Ghaida. 2015. “Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.” PhD Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Busyaeri, Akhmad, Tamsik Udin, and A. Zaenudin. 2016. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3(1).

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. “Pemamfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala Kependidikan 8(2).

Chidayat, Roviq. 2021. “Analisis Video Presentasi Linier Materi Persamaan Linier Satu Variabel pada Channel Youtube, Teman Belajar Online, Le Gurules, Mathsyairozi.” in Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020.

Elyas, Ananda Hadi. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Warta Dharmawangsa (56).

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. 2020. Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, and Research and Development. Madani Media.

Hamdanillah, Nurul, Ahmad Harjono, and Susilawati Susilawati. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 3(2):119–27.

Hanifah, Hanifah, Nanang Supriadi, and Rany Widyastuti. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik.” NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 3(1):31–42. doi: 10.25217/numerical.v3i1.453.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. “Keefetifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto).” Jurnal Pendidikan Vokasi 3(1).

Hidayat, Wahyu, and Ratna Sariningsih. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2(1):109–18.

Indriani, Mikke Novia, and Imanuel Imanuel. 2018. “Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis.” Pp. 256–62 in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 1.

Iwantara, I. Wayan, I. Wayan Sadia, and Ketut Suma. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 4(1).

Jatmiko, Prayoga Dwi, Anastasia Wijayantin, and Susilaningsih Susilaningsih. 2017. “Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1(2):153–56.

Kusmana, Ade. 2017. “E-Learning Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 14(1):35–51.

Lestari, Karunia Eka, and Mohammad Ridwan Yudhanegara. 2015. PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. PT Refika Aditama.

Mawaddah, Siti, and Hana Anisah. 2015. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2).

Muhammad, Syazali. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhamad.” Journal of Chemical Information and Modeling 6(1):91–98.

Nuritha, Citra, and Ayu Tsurayya. 2021. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):48–64.

Pamungkas, Aan Subhan, Ihsanudin Ihsanudin, Novaliyosi Novaliyosi, and Indhira Asih Vivi Yandari. 2018. “Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):127–35.

Purwanti, Budi. 2015. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 3(1).

Purwanto, Yulis, and Swaditya Rizki. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 4(1).

Ruseffendi, E. T. 2006. “Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA.” Bandung: Tarsito.

Samsiyah, Nur, and Hendra Erik Rudyanto. 2015. “Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4(1):23–33.

Sumartini, Tina Sri. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):148–58.

Waskitoningtyas, Rahayu Sri. 2020. “Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Universitas Balikpapan Melalui Pendekatan Metakognitif.” Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 6(1):13–21.

Yunita, Dwi, and Astuti Wijayanti. 2017. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa.” Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.