Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mindjet Mindmanager 2017 pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi

Nurfiah Alfiani Putri, Ajo Dian Yusandika, Deden Makbuloh

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to produce mind folder based Mindjet Mindmanager 2017 on the subjects of Physics of matter and energy businesses. This research is the kind of research and development (R and D) and modification of 10 stages, into 7 stages namely; Problem identification, information gathering, product design, design validation, revision of design, product trials, and revision of the product. Restrictions on stages carried out based on the needs and objectives of such research. Based on the results of the validation of the products obtained the conclusion that learning media Mindjet Mindmanager 2017 on the subject of energy and effort diakategorikan very worth to use. Percentage of material physics experts amounted to 83%, from learning media experts amounted to 86%, and from educators of 85%. The product is then tested in small groups obtained the percentage of kemenarikan of 85%. The next major group of trials retrieved kemenarikan percentage of 85%. Based on those results, conclusion of the media learning Mindjet Mindmanager 2017 on the subject of business and energy can be used as learning modules

Abstract:Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk mind map berbasis Mindjet Mindmanager 2017  pada mata pelajaran fisika materi usaha dan energi yang menarik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R and D) dengan modifikasi 10 tahapan, menjadi 7 tahapan yaitu; Identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pembatasan tahapan  dilakukan berdasarkan kebutuhan dan tujuan penelitian tersebut. Berdasarkan hasil validasi produk diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran Mindjet Mindmanager 2017 pada pokok bahasan usaha dan energi diakategorikan sangat layak untuk digunakan. Persentase yang diperoleh dari ahli materi fisika sebesar 83%, dari ahli media pembelajaran sebesar 86%, dan dari pendidik  sebesar 85%. Produk tersebut kemudian diujicobakan dalam kelompok kecil diperoleh persentase kemenarikan sebesar 85%. Selanjutnya uji coba kelompok besar diperoleh persentase kemenarikan sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh kesimpulan media pembelajaran Mindjet Mindmanager 2017 pada pokok bahasan usaha dan energi dapat digunakan sebagai modul pembelajaran


Keywords


media pembelajaran; mindjet mindmanager 2017; usaha dan energi

Full Text:

PDF

References


Agustian, Nozi Opra, Asrizal, and Zulhendri Kamus. 2013. “Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis WEB Pada Konsep Termodinamika Untuk Pembelajaran Menurut Standar Proses Siswa Kelas XI SMA.” Pillar Of Physics Education 2.

Anwar, Chairul, Antomi Siregar, Uswatun Hasanah, and Widayanti. 2018. “Efektivitas Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi : The Efek Pada Karakter Mahasiswa Di Era Industri 4 . 0.” Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 3.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Revisi. jakarta: rajawali pers.

Damayanti, nanda putri suci, and Rusmini. 2017. “Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Kelas X SMA Semester II Berbasis Inkuiri Terbimbing Berdasarkan Kurikulum 2013” 6 (1).

Diani, Rahma, Sri Latifah, Yanda Meilya Anggraeni, and Dwi Fujiani. 2018. “Physics Learning Based on Virtual Laboratory to Remediate Misconception in Fluid Material.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 3 (2).

Distiyasa, mira juwita eva. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Untuk Kelas X Di SMK N 3 Surabaya” 1 (1): 96.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Glowatz, Matt, and Orna Keane. 2016. “The Potential of Directed Instruction to Teach Effectifvely Technology Usage.” World Jurnal on Educational Technology 8 (3).

Hosseini, Zahra. 2016. “World Journal on Educational Technology : Current Issues” 8 (3).

Kasih, Firma Rean. 2017. “Pengembangan Film Animasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar Di SMA.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2 (1).

Khoirudin, Nanang, Daru Wahyuningsih, and Dwi Teguh. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 9 Untuk Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat Optik.” Jurnal Pendidikan Fisika 1.

Mustari, Mukarramah, and Yunita Sari. 2017. “Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6 (1).

Rante, P, Sudarto, and N Ihsan. 2013. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUDIO-VIDEO EKSPERIMEN LISTRIK DINAMIS DI SMP.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2.

Saregar, Antomi, Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Shanti Septiana, Rahma Diani, and Rumadani Sagala. 2018. “Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability.” Journal for the Education of Gifted Young 6 (3).

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia.

Sudijono, Anas. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. 1sted. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suminto. 2016. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN MEDIA POWER POIN PADA MATERI” 2 (1).

Suprihatin, Chirana, Daru Wahyuningsih, and Program Pendidikan Fisika. 2016. “Majalah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Pendidikan IPA 5 (1).

Viajayani, Eka Reny, Yohanes Radiyino, and Teguh Rahardjo. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8.” Pendidikan Fisika 1 (1).

Wulandari, Feby Rizka Ayuning, Novi Ratna Dewi, and Isa Akhlis. 2013. “Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPA Terpadu Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Siswa SMP.” Journal Unnes 2 (2).

Yoto, Zulkardi, and Ketang Wiyono. 2015. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).” Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika 2 (2): 211–19.

Yuliandari, Sintia, Program Studi, Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Eko Wahjudi, et al. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada” 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License