Improving Students’ Professionalism in Arranging and Developing RPP through Curriculum Development and Learning Planning Courses

Umi Hanifah

Abstract


The aim of this study was to find out the improvement in the ability of PBA students in arranging and developing RPP and their problems through Curriculum and Learning Planning Development courses in PBA Program Study of Sunan Ampel Surabaya University. The results showed that the lectures with portfolio-based learning models could improve the professionalism of PBA students in arranging and developing RPP. The increase was indicated by the results of the RPP assessment conducted by comparing the increase in scores between before and after the RPP was presented, criticized and assessed using the RPP assessment instrument. Before being presented and corrected the result (33.3%) and after the results became (73.3%). The level of problems in compiling and developing RPP is low.Then for the maximal result, it hopes that the portfolio learning model should be variated with the study lesson model in each meeting, especially in arranging lesson plan.

Keywords


Curriculum; Learning; Planning; Profesionalism

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. "Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Supervisi Akademik", Dalam Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), Vol 3 Desember (2017).

Arman, Ali. "Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana

Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sman

Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat", Dalam Jurnal Manajemen

Pendidikan, Vol 1 No. 1 (2016).

Hadhari Nawawi. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.

Hamzah B. Uno. Perencanaan Pembelajaran,. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.

Himmah, Hizmatul Ro'fat., Amrulloh, Afif Muhammad. Pengembangan Kurikulum

Bahasa Arab Pesantren Mu'adalah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Kausar

Genteng-Banyuwangi), Dalam Jurnal Al-Bayan Vol. 9, No.2. 234-248 , (2017).

Ilyas, Alinis. "Dosen Bahasa Arab Dan Kompetensinya Dalam Mengaktualisasikan

Teknik Pembelajaran Interaktif", Dalam Jurnal Al Bayan Vol. 10, No. 1. 86-102

(2018).

Khaerani, Candra, Noriko. "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI KEGIATAN IHT (IN HOUSE TRAINING)", Dalam Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol 17 No 1 (2016).

Lampert, Magdalene, And Filippo Graziani. "Instructional Activities As A Tool For

Teachers' And Teacher Educators' Learning." The Elementary School Journal 109.5: 491-509. (2009).

Lederman At.Al, The Preservice Microteaching And Science Teachers Instructional

Decisions: A Qualitative Analysis. Jounal Of Research In Science Teaching 27 (8),

-726. (1990).

Maryani, Ika. Bhakti, Putra Caraka. Strategi LPTK Dalam Pengembangan Kompetensi

Pedagogik Calon Guru Dalam Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2006). 98-106.

Mendikbud. “Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.” Jakarta, 2016.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Muspawi, Mohamad. " Profesionalitas Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/Ix Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi", Dalam Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, Volume 17 No. 1 (2015).

Norma Izzati. “Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyusun RPP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio".” Jurnal Euclid, Jurnal Euclid, 4 No. 1 (2017): 659.

Nazuhi, Mukh. "Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rpp Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis Mgmp Semester Satu Tahun 2015/2016 Di SMP Ngeri 16 Mataram", Dalam Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Volume 3 No. 1 (2016).

Prodi PBA FTK UINSA. “Struktur Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Fakutas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Ampel Berbasis KKNI.” FTK UINSA, 2016.

Pringle, R. M. Dawson, K. And Adams, T. Technology, Science And Preservice Teachers: Creating A Culture Technoligy-Savvy Elementary Teachers. Action In Teacher Education, 24 (4), 46-52 (2003).

Rachmadi, Denny. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pelatihan Di SMA N 1 Karangrayung", Dalam Jurnal Profesi Keguruan, Volume 3 No. 1 (2017).

Rukayah, "Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif", Dalam Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018.

Sa'bani, Faizuz . "Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan Pada Mts Muhammadiyah Wonosari", Dalam Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 2, Nomor 1, Mei 2017.

Sangad. "Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Yang Berkarakter Melalui Supervisi Akademik", Dalam Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol 4 No 2 (2016).

Srimulyani, Mamik. "Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp/Rplbk Dengan Pendekatan Saintifik/Pendekatan Bk Melalui Metode Workshop Di Sekolah Binaan Kota Malang Tahun 2017", Dalam Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan), Edisi 1 (2017).

Subramaniyam, Kartigheyan. Creating A Microteaching Evaluation Form: The Needed

Evaluation Criteria. Education 126 (2), 666-677. (2006 ).

Team Borang PBA FTK UINSA. “Borang Prodi PBA FTK UINSA 2016.” FTK UINSA, N.D.

Team Dosen PBA. “Silabus Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Dan Perencanaan Pembelajaran Program Studi PBA Pada FTK UIN Sunan Ampel Surabaya.” Prodi PBA UINSA, 2018.

Team Dosen PPL 1 PBA UINSA. Tidak Diberikannya Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran (I’dad Al-Ta’lim) Adalah Karena Terlewatkan (Kealpaan) Pihak Prodi. Pada Akhirnya Sebagai Solusi Dimasukkan Ke Dalam Mata Kuliah PPL 1 (Include) Pada Semester Tersebut (N.D.).

Team Pengembang SMAN I Tenjo. "Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Secara Berkelanjutan Di SMAN I Tenjo Bogor", Dalam Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. (Bogor: Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, 2010).

Umi Hanifah. “Laporan Penelitian 2017 "Inovasi Pembelajaran Pada PPL-1 Prodi PBA FTK UIN Sunan Ampel: Upaya Meningkatkan Profesionalisme Calon Guru." Surabaya: LPPM - UIN Sunan Ampel, 2017.

Yuliati, Lia. Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengajar Calon Guru Fisika Dalam JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 14 No. 1

(2007).

Yuniar, Marwa, Atikah. "Al-'Alaqah Baina Al-Kafaah Al-Mihniyyah Li Mu'allim Wa Raghbati Al-Talamidz Fi Ta'allum Al-Lughah Al-'Arabiyyah Bi Maharah Qiro'ah Al-Nash Al-'Arabiyyah Bi Al-Madrasah Al-'Aliyyah Al-Muhajirin Muwas Rawas Sumatra Al-Junubiyyah", Dalam Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Vol 10 No. 1 (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v11i1.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 umi hanifah



Editorial Office:

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Jl. Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung 35131-Indonesia

e-mail: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

View My Stats